5 Cara Menyejukkan Rumah Meski Tanpa AC

cara menyejukkan ruangan tanpa AC

Semua orang pasti ingin rumahnya sejuk dan nyaman, apalagi jika sedang musim kemarau panjang. Dan untuk mengatasinya, banyak orang memilih cara instan dengan memasang pendingin udara (AC) di dalam ruangan.

Memang sah-sah saja jika ingin menggunakan AC. Namun sebenarnya, penggunaanya tidak dianjurkan. Pasalnya, cara tersebut hanya bermanfaat untuk manusia, tidak untuk lingkungan. Lalu, apa solusinya? Bagaimana bisa rumah sejuk tanpa AC? Nyatanya, bisa! Coba ikuti beberapa langkah di bawah ini.

Matikan Alat Elektronik

Peralatan elektronik dapat mengeluarkan suhu panas, terutama pada televisi dan komputer. Jadi, setelah digunakan pastikan tidak hanya mematikan namun juga melepas kabelnya dari stop kontak.

Bukan hanya komputer dan televisi, charger ponsel yang terus menempel pada stop kontak juga dapat menimbulkan panas. Karena kabel yang terpasang sebenarnya masih mengaliri listrik dan memicu peningkatan suhu dalam ruangan.

Matikan Lampu

Agar rumah tetap sejuk tanpa AC sebaiknya segeralah matikan lampu. Semua lampu mengeluarkan panas, bahkan yang memiliki teknologi LED sekalipun. Untuk itu, matikan saat tidak digunakan dan ganti semua bohlam dengan teknologi energi efisien dan ramah lingkungan.

Maksimalkan Ventilasi

Untuk menciptakan rumah sejuk, nyaman dan sehat tanpa AC, memiliki aliran sirkulasi udara yang baik menjadi syarat mutlak. Untuk itu, Anda wajib memaksimalkan ventilasi agar aliran udara alami yang masuk dan keluar jadi seimbang. Misalnya membuat lubang angin jika langit-langit rumah Anda rendah.

Pendingin Udara Buatan

Anda bisa memanfaatkan kipas angin meja dan menyulapnya menjadi AC dengan meletakkan semangkuk air es di depannya, sehingga butiran air dingin tertiup oleh kipas dan membuat ruangan menjadi sejuk. Ini adalah salah satu solusi cerdas untuk membuat pendingin udara yang sehat dan segar.

Minimalkan Masuknya Sinar Matahari

Terik sinar matahari merupakan salah satu sumber yang mempengaruhi peningkatan suhu panas dalam ruangan, apalagi saat musim kemarau panjang. Untuk mencegahnya, tutup jendela dengan tirai sebagai filter cahaya untuk membantu mengurangi jumlah cahaya yang masuk, cara klasik ini masih terbilang ampuh membuat rumah sejuk tanpa AC.

Nah, kini meski rumah tanpa AC, Anda bisa bersantai tanpa merasa gerah. Bonusnya, tagihan listrik menjadi lebih hemat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s