Tips Tinggal Bareng Mertua

Tips Tinggal Bareng Mertua

Jika hal ini Anda alami juga dan menjadi sebuah problem, maka mau tidak mau Anda harus menghadapi dan mencari solusi, bukan meratapi bahkan menghindari. Ada tips nyaman tinggal serumah dengan mertua, yang bisa Anda terapkan, sebagai berikut:

  • Buat Kesepakatan
    Sebagai langkah awal Anda tinggal serumah dengan mertua, bicaralah baik-baik dengan mertua, sampaikan kesepakatan tentang aturan dan batasan yang ada. Tujuannya agar masing-masing pihak (keluarga Anda dan mertua) sama-sama enak dan tidak terbebani.

  • Positive Thinking
    Agar terbebas dari segala beban pikiran, Anda harus selalu berprasangka baik kepada mertua. Apapun yang dilakukan dan disarankan oleh mertua, yakinilah bahwa semua mempunyai tujuan yang baik untuk keluarga Anda.

  • Tentukan Privasi
    Tentukan privasi di rumah Anda, misalnya terkait dengan area kamar tidur, masalah pendidikan anak, hingga masalah keuangan dan berikan kebebasan kepada mertua untuk memberikan support dan pendapatnya.

  • Menjauh dari Problem Internal
    Jika konflik internal antara mertua dengan anaknya (yaitu pasangan Anda) terjadi, ada baiknya Anda jangan turut campur atau terlihat memihak pasangan. Bersikaplah netral dan menjauh saja dulu. Jika terlihat sudah mereda, Anda bisa mencari kesempatan untuk berbicara dengan masing-masing pihak dan berusaha mencari solusinya.

  • Hargai Mertua
    Libatkan mertua dalam beberapa hal, mintalah pendapat beliau, dan jangan sungkan jika butuh bantuan beliau. Walau pendapatnya tidak selalu Anda ikuti, atau bantuan yang beliau berikan hanya sepele, tapi dengan dimintai pendapat dan bantuan, mertua akan merasa dihargai dan berarti. Jangan lupa apresiasi atau berikan pujian untuk beberapa hal yang memang Anda sukai dari beliau. Sebaliknya, jika ada hal-hal yang kurang berkenan, sebaiknya Anda sampaikan juga dengan sopan.

  • Kenali Kesukaan Mertua
    Cari tahu lebih banyak tentang kesukaan dan kebiasaan mertua, mulai dari makanan, minuman, lagu, film atau acara TV yang sering ditonton, hingga aktivitas yang biasa dilakukan di pagi, siang, dan malam. Gali informasi tersebut dari pasangan Anda. Dengan mengetahuinya, Anda bisa lebih mudah untuk membuatnya nyaman. Terlebih Anda berusaha menyukainya juga, sehingga bisa beraktivitas bersama.

  • Bersikap Tegas
    Tips selanjutnya agar nyaman tinggal bersama mertua adalah bersikap tegas. Sikap ini diperlukan juga pada hal-hal tertentu. Sepanjang Anda tunjukkan sikap ini dengan wajar dan tidak berlebihan, maka mertua bisa memahami, bahkan bisa menghormati Anda. Misalnya saat mertua memanjakan si kecil dengan makanan-makanan terlalu manis atau penuh micin, Anda bisa menegur mertua secara sopan untuk menguranginya.

  • Orangtua Sendiri
    Tanamkan dalam hati dan diri Anda bahwa mertua adalah orangtua Anda yang ketemu setelah dewasa melalui pasangan Anda. Bersikap dan perlakukan seperti orangtua Anda sendiri. Mertua tidak mungkin selalu benar, begitu juga dengan Anda, akan selalu ada salah-salah. Jadi saling memahami dan selalu mengingatkan dalam hal kebaikan. Sehingga akan tercipta suasana hangat dan nyaman di rumah saat tinggal bersama.

Setelah mengetahui tips nyaman tinggal bersama mertua, Anda bisa menerapkannya. Skenario terbaik adalah jika Anda telah membeli rumah impian di perumahan murah di Bogor, The Crystal Residence, dan kondisi mertua (bapak atau ibu) tinggal sendiri karena pasangan sudah lebih dahulu berpulang.

Datanglah ke rumah mertua, lalu persilakan mertua untuk tinggal bersama Anda. Sampaikan dengan penuh ketulusan. Tunjukkan bahwa niat Anda adalah untuk menjaga dan tidak membiarkan mertua kesepian. Jika mertua setuju, Anda tinggal terapkan tips nyaman tinggal bersama mertua itu. Sedangkan rumah mertua yang kosong bisa dimanfaatkan untuk investasi berupa disewakan, tentu dengan persetujuan mertua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s