Lebih Untung Mana? Beli Mobil Atau Beli Rumah?

Lebih Untung Mana? Beli Mobil Atau Beli Rumah?

Rumah dan mobil. Siapa yang tidak ingin memiliki kedua hal tersebut? Selain memberikan manfaat, keduanya pun juga memberikan beragam keuntungan. Namun, tidak semua orang berkesampatan untuk memiliki kedua hal tersebut dikarenakan keterbatasan dana.

Nah, bagi Anda yang memiliki dana terbatas dan sedang mempertimbangkan untuk membeli rumah atau mobil, di bawah ada sedikit saran dan informasi yang mungkin bisa membantu dalam menentukan pilihan.

Pertama, perhatikan kebutuhan. Seberapa butuhkah Anda dengan mobil atau rumah yang akan dibeli?

Jika membeli mobil, apakah mobil akan digunakan untuk keperluan sehari-hari atau untuk mencari penghasilan tambahan? Jika digunakan untuk sehari-hari, misalnya untuk berangkat kerja, coba cari tahu dulu adakah alternatif selain naik mobil seperti angkutan umum atau fasilitas mobil jemputan dari kantor. Jika jalan alternatif tersedia, tentu Anda tidak terlalu membutuhkan mobil.

Jika mobil digunakan untuk mencari penghasilan tambahan, coba hitung terlebih dahulu potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan. Apakah hasilnya akan menutup biaya cicilan, perawatan, dan bahan bakar? Jika ya, maka tidak ada salahnya Anda membeli mobil idaman.

Kemudian, jika ingin membeli rumah, apakah Anda akan menggunakannya sebagai tempat tinggal atau sebagai lahan investasi? Jika kebutuhan akan rumah sangat mendesak, tentu Anda boleh saja membelinya. Atau, jika Anda baru saja menikah, Anda bisa tinggal dulu di rumah orang tua atau mertua jika memungkinkan.

Jika tujuan Anda membeli rumah adalah untuk investasi, lihatlah faktor-faktor yang bisa memengaruhi nilai investasi bangunan Anda. Pastikan rumah yang akan diinvestasikan dapat memberikan keuntungan hingga jangka panjang.

Kedua adalah harga. Harga dari sebuah rumah biasanya lebih mahal dari pada harga mobil sehingga biaya cicilan yang harus dibayarkan pun lebih tinggi. Sesuaikan harga dengan kemampuan.Jangan sampai Anda membeli rumah atau mobil yang justru akan memberatkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari

Selain itu, Anda pun harus menyiapkan biaya awal seperti uang muka (DP), biaya notaris, biaya asuransi, administrasi bank dan biaya lainnya. Jumlah biaya yang dikeluarkan di sini bisa mencapai 40-50% dari harga rumah.

Lalu, mana yang lebih menguntungkan?

rumah-lebih-menguntungkan

Untuk Anda yang menginginkan keuntungan hingga jangka panjang, membeli rumah adalah jawabannya. Hal ini karena harga rumah akan selalu naik setiap tahun, berbanding terbalik dengan mobil yang harganya mengalami penyusutan.Selain itu, rumah dapat diwariskan, sedangkan mobil tidak.

Meskipun harganya lebih mahal daripada mobil dan dalam proses penjualannya membutuhkan waktu yang lama, keuntungan yang akan Anda dapatkan tentu tidak main-main. Anda bisa mendapatkan puluhan bahkan ratusan juta dalam setahun jika bisa menyewakan rumah.

Membeli rumah atau mobil tentu menjadi keputusan yang besar. Pasalnya, budget yang akan Anda keluarkan tidaklah sedikit. Anda tentu harus berpikir matang-matang sebelum membuat keputusan. Nah, semoga informasi di atas dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s