Apa itu Clodi? Kenapa Harus Pakai Popok Cuci Ulang

Clodi adalah kependekan dari Cloth Diaper atau lebih dikenal dengan popok kain cuci ulang. Sesuai dengan namanya, popok clodi yang memiliki fungsi layaknya pospak, terbuat dari kain sehingga bisa dicuci dan digunakan kembali setelah digunakan.

Kenapa harus pakai popok clodi?

  1. Penggunaan clodi lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia, sehingga aman bagi kulit bayi.
  2. Popok clodi jauh lebih hemat, karena penggunaanya bisa dipakai berulang kali sehingga lebih ekonomis.
  3. Popok clodi jauh lebih ramah lingkungan, dengan menggunakan popok clodi berarti Bunda sudah ikut serta dalam melestarikan lingkungan, bayangkan berapa banyak sampah yang dihasilkan dari pospak setiap harinya?

Berapa lama popok clodi dapat dipakai?

1 insert clodi cover mini dapat menampung urin 100 ml. Normalnya produksi urin seseorang adalah 0.5–1 ml/kg berat badan setiap jam nya.

Sebagai contoh, jika berat badan anak adalah 10 kg, maka banyaknya urine yang dikeluarkan adalah 5–10 ml/jam atau 20–40 ml/4 jam.

Walaupun insert popok kain bayi mampu menyerap dan menampung sekitar 100 ml, tetapi dalam pemakaiannya, maksimal 4 jam. Jadi setelah pemakaian sekitar 4 jam, clodi harus diganti. Adapun kalau baby buang air besar (BAB), maka clodi harus segera begitu baby selesai BAB.

Tujuannya, selain agar baby terjaga kenyamanannya, juga agar baby terhindar dari ruam popok.

Pemilihan Popok Kain Bayi (Clodi) Berdasarkan Usia

1.     Usia 0-10 Bulan

Cover Mini

Pada usia awal, kulit bayi masih sangat sensitif. Untuk itu, Bunda harus memilih popok dengan bahan yang lembut dan nyaman. Pilihlah popok clodi yang memiliki perekat pada bagian pinggang salah satunya popok clodi Cover Mini dari Klodiz dan Chisana dari Minikinizz. Jangan lupa sesuaikan ukurannya dengan berat badan bayi ya.

2.     Usia 11-19 Bulan

Izzy Pant

Di usia ini, anak sudah mulai aktif belajar merangkak, berdiri, berjalan, dan bermain. Jadi, sebaiknya pilihlah popok clodi berbentuk celana agar si kecil nyaman beraktivitas. Izzypant Klodiz mungkin bisa menjadi pilihan Bunda. Popok kain berjenis pocket ini sangat cocok untuk anak dengan berat kurang dari 5 – 20 Kg

3.     20 Bulan ke Atas

Training Pant

Di usia 20 bulan atau lebih, pergerakan si kecil sudah benar-benar aktif. Dia dapat berjalan sendiri tanpa bantuan bahkan sudah latihan berlari dan melompat. Ini saatnya Bunda juga perlu mengajarkan anak untuk melakukan toilet training!

Toilet training adalah latihan agar anak terbiasa pipis di toilet dan bisa lepas dari diapers (clodi). Untuk membantunya, gunakanlah Minikinizz Training Pants. Berbeda dengan clodi biasanya, training pants berbentuk celana yang dilengkapi lapisan penyerap tipis dan hanya menampung sekali pipis saja. Tujuannya, agar si kecil merasa tidak nyaman saat celananya basah sehingga dia akan mulai terbiasa pipis di toilet. Yuk bun, coba pakai clodi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s