Begini Lho Cara Merawat Lantai Kayu yang Benar!

back-to-nature

Lantai kayu cukup banyak digunakan di Indonesia. Biasanya orang memilih lantai ini untuk memberikan kesan alami pada hunian. Kalau di negara empat musim, lantai kayu digunakan untuk menghangatkan ruangan karena memang sifat kayu yang bisa menyerap panas.

Merawat lantai kayu pun tidak terlalu sulit. Hanya saja Anda perlu sedikit berhati-hati agar parket tidak cepat kusam dan lapuk. Lalu, bagaimana cara merawat lantai kayu yang benar? Simak ulasannya di bawah ini.

Menyapu & Mengepel Lantai

Menyapu dan mengepel sebenarnya merupakan perawatan dasar untuk semua jenis lantai. Menyapu lantai bertujuan untuk menghindari debu menempel. Ada baiknya jika Anda menggunakan sapu berbahan lembut agar tidak merusak permukaan lantai.

Sementara untuk mengepel, Anda cukup melakukannya sebulan sekali atau hanya ketika Anda merasa lantai bernar-benar perlu dibersihkan. Setelah itu, segera pel lantai menggunakan lap kain kering. Terlalu sering membasahi lantai kayu berisiko membuatnya mudah lapuk.

Hindari Dari Sinar Matahari Langsung

Salah satu kekurangan menggunakan lantai kayu adalah warnanya mudah pudar, apalagi jika terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Untuk menghindarinya, Anda bisa memasang gorden pada sumber-sumber masuknya sinar matahari.

Bersihkan Dengan Cuka

Salah satu alternatif bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda kusam atau lumpur pada lantai parket adalah cuka. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 60 ml : 1000 ml. Bersihkan menggunakan lap basah kemudian bersihkan kembali menggunakan lap kering.

Rutin Melakukan Poles

Cara terakhir yang harus Anda lakukan untuk menjaga lantai parket tetap bersih dan mengkilap adalah dengan melakukan poles secara rutin, minimal 1 tahun sekali. Pemolesan ulang akan membuat lantai parket lebih awet.

Salah satu jasa poles lantai yang bisa Anda andalkan untuk membuat parket Anda kembali bersih dan berkilau adalah Kemilau Marmer. Jasa poles lantai dan dinding semua jenis lantai ini berkomitmen memberikan layanan poles terbaik, dengan penggunaan bahan berkualitas tinggi dan SDM terbaik.

Itulah beberapa cara merawat lantai kayu yang harus Anda ketahui. Bagaimana, tidak sulit, bukan?

Sumber: Kemilau Marmer Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s