Tips Mencuci Popok Kain Bayi Menggunakan Mesin Cuci

tips-mencuci-clodi

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam dan mengurangi penggunaan bahan-bahan berbahaya untuk lingkungan. Karena ini juga, produksi barang berbahan aman semakin berkembang, salah satunya adalah popok clodi (cloth diaper) atau popok kain bayi.

Popok clodi memang tengah menjadi favorit para bunda untuk menggantikan pospak. Selain lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia, popok kain bayi juga lebih hemat karena bisa dicuci ulang (reusable).

Tahukah bunda, mencuci clodi tidak bisa sembarangan lho. Bunda harus berhati-hati agar bahan popok tidak cepat rusak, apalagi jika bunda mencuci menggunakan mesin cuci. Lalu, apa yang harus bunda perhatikan?

Pertama, pisahkan insert dengan popok. Insert kotor dicuci secara terpisah dengan merendamnya di air hangat yang sudah dicampur deterjen. Namun jika insert sudah dijahit pada cover, bunda bisa mencuci keduanya secara bersamaan dengan cara yang sama.

Kedua, Jangan terlalu banyak memasukan clodi ke dalam mesin cuci. Hal ini bertujuan agar mesin cuci dapat membersihkan popok clodi secara sempurna serta menghindarkan clodi dari gesekan berlebih satu sama lain.

Ketiga, cuci popok kain bayi berbahan katun pada air bersuhu 600 derajat Celcius. Untuk bahan yang lain, cukup ikuti petunjuk pada label perawatan. Beberapa bahan mungkin perlu menggunakan air bersuhu lebih rendah.

Keempat, pastikan clodi benar-benar bersih dari deterjen. Jika bunda masih menemukan busa, cobalah bilas dan cuci kembali. Apabila popok clodi sudah dicuci dan masih menimbulkan aroma tidak sedap, ulangi mencuci clodi. Hal ini menandakan kuman-kuman belum benar-benar hilang selama proses pencucian pertama.

Kelima, keringkan clodi di udara terbuka. Pilihlah area yang teduh dengan sirkulasi udara yang lancar atau manfaatkan sinar matahari pagi dan sore saat panasnya tidak terlalu menyengat. Apabila bunda mengeringkannya langsung di bawah terik matahari, hal ini akan menyebabkan clodi menjadi kaku.

Itulah beberapa tips mencuci popok kain bayi menggunakan mesin cuci. Tidak sulit kok, bun. Hanya saja, bunda perlu lebih berhati-hati agar popok clodi tidak cepat rusak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s