Cara Simpel Bersihkan Lantai Marmer & Granit

tips-membersihkan-lantai-marmer-3

Marmer adalah batu alam lunak yang dihasilkan oleh proses metamorfosa dari batu gamping. Batuan ini memiliki motif guratan yang sangat indah yang ditimbulkan oleh proses metamorfosa tersebut. Sedangkan granit merupakan jenis batuan yang berasal dari magma yang membeku. Hal ini membuat granit menjadi jenis lantai yang paling kokoh.

Keduanya memiliki motif yang unik dan indah sehingga harganya pun bisa dibilang paling mahal dibanding jenis lantai lainnya. Selain motif, marmer dan granit juga membawa kesan mewah pada ruangan. Inilah yang membuat keduanya digemari oleh kalangan menengah ke atas.

Ya, memang se-spesial itu, sampai-sampai lantai kedua jenis lantai harus dirawat sedemikian rupa agar kilaunya tidak hilang. Perawatan marmer dan granit sedikit berbeda dengan lantai lainnya.

Meski begitu, perbedaan ini tidak akan membuat Anda repot lho. Anda memang harus menghindarkan marmer dan granit dari produk-produk seperti cairan yang sangat asam atau sangat basa, vacuum cleaner, produk pembersih lantai biasa atau bahkan pembersih lantai keramik.

Tapi untuk membersihkan marmer dan granit, ternyat terdapat bahan-bahan yang sebenarnya bisa Anda temukan di rumah. Lalu, apa saja bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan lantai marmer dan lantai granit? Berikut adalah ulasannya.

Pembersih Khusus Marmer

Sesuai namanya, cairan ini ditujukan khusus untuk membersihkan noda dan kotoran membandel yang menempel pada marmer. Namun, Anda juga harus memperhatikan takaran penggunaannya. Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

– Campurkan ½ gayung air dan 1 tutup botol cairan pembersih marmer. Aduk hingga tercampur rata.

– Celupkan kain lap lembut kedalam campuran tersebut.

– Bersihkan lantai dengan gerakan memutar secara perlahan.

Baking Soda

Baking soda memang terkenal sebagai bahan yang serbaguna dan dapat digunakan hampir untuk semua jenis kebutuhan, termasuk dalam membersihkan noda pada lantai. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sdm baking soda ke dalam seember air dan mengaduknya hingga menjadi pasta. Nah, pasta inilah yang akan digunakan untuk membersihkan noda.

(Baca juga: Cara Merawat Marmer Tetap Berkilau)

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida merupakan cairan senyawa kimia bersifat asam. Cairan ini berfungsi untuk mengangkat kotoran serta menghilangkan goresan pada lantai. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

– Basahi kain lap lembut dengan cairan hidrogen peroksida.

– Gosok perlahan permukaan lantai marmer atau granit yang kusam.

– Beri sedikit tekanan saat proses pengelapan pada noda membandel.

Amonia

Dibanding hidrogen peroksida, cairan amonia terbilang lebih aman bagi manusia karena bersifat basa. Namun, Anda tetap harus memperhatikan takaran penggunaan. Sebelum mulai membersihkan marmer, pastikan bahwa cairan amonia aman. Cara memastikannya adalah dengan meneteskan sedikit amonia pada sudut kecil di permukaan marmer dan melihat reaksi yang ditimbulkan.

Berikut adalah langkah-langkah membersihkan lantai menggunakan amonia:

– Campurkan 1 sdt amonia dan 1 cangkir air. Aduk hingga tercampur rata.

– Celupkan kain lap lembut ke dalam campuran tersebut.

– Gosok lantai secara perlahan dengan gerakan memutar hingga kotoran hilang.

Sabun Cuci Piring

Tak hanya bisa membersihkan noda pada peralatan makan, sabun cuci piring juga ampuh mengangkat noda pada granit dan marmer lho. Selain itu, sabun ini juga bisa menghilangkan goresan pada permukaan lantai. Langkah-langkah membrsihkan marmer menggunakan sabun cuci piring adalah sebagai berikut:

– Campurkan sabun cuci piring secukupnya ke dalam ½ gayung air hangat.

– Celupkan kain lap lembut kedalam campuran tersebut.

– Gosokkan kain dengan gerakan memutar secara perlahan dan sedikit tekanan. Biarkan cairan kering 5 – 10 menit.

– Setelah marmer kering, bersihkan kembali menggunakan lap kering.

Itulah beberapa produk yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan lantai marmer dan granit.

(Baca juga: Risiko Memoles Marmer Sendiri)

Namun, jika Anda mulai merasa lantai semakin kusam, warnanya berubah dan perlu penanganan ekstra, ada baiknya jika Anda menggunakan jasa poles marmer profesional. Dengan menggunakan layanan ini, Anda yang memiliki aktivitas super ketat tidak perlu meluangkan waktu untuk membersihkan lantai. Selain itu, hasil poles juga dijamin rapi karena dikerjakan oleh teknisi yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Salah satu layanan poles marmer yang bisa Anda gunakan adalah Kemilau Abadi Marmer.

Kemilau Marmer merupakan unit usaha di bidang jasa restorasi (pemugaran), poles, proteksi, serta perawatan marmer, granit, teraso, ubin tegel, acian, beton, keramik premium, batu alam, parket, dan jenis lantai lainnya.

Teknisi yang dipilih adalah teknisi dengan pengalaman hingga puluhan tahun dan sudah sangat mahir dalam bidangnya. Kemilau Marmer memberikan pelayanan yang maksimal agar pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik dan merasa puas.

Tertarik untuk menggunakan jasa poles marmer dari Kemilau Marmer? Kunjungi website www.kemilaumarmer.com atau hubungi 081298532189 untuk respon lebih cepat.

 

Sumber: Kemilau Marmer Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s