Apa Perbedaan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia?

Perbedaan-Bahasa-Inggris-dan-Bahasa-Indonesia

Untuk memudahkan dalam mempelajari bahasa inggris, kamu harus tahu apa perbedaan bahasa inggris dan bahasa indonesia. Berikut ini kami rangkum untuk memudahkan kamu dalam mempelajarinya.

  1. Perbedaan Perubahan Kata Ganti

Bahasa Inggris mengalami perubahan pada kata ganti orang tinggal ketika menjadi subjek ataupun objek. Bahasa Indonesia tidak mengalami perubahan tersebut, baik sebagai subjek maupun sebagai objek. Contoh :

  • He buys egg at the market
  • Dia (laki-laki) membeli telur di pasar
  • Brian gives her a birthday present
  • Brian memberi dia (perempuan) sebuah hadiah ulang tahun
  1.  Perbedaan Pada Susunan Kalimat

Bahasa Inggris memiliki susunan kalimat yang terbalik dengan bahasa Indonesia. Untuk memahami perbedaan tersebut, silahkan melihat contoh dibawah ini:

  • Old car is much easier to find in this city
  • Mobil tua lebih mudah ditemukan di kota ini
  • A classy guy will be gentle towards women
  • Seorang pria berkelas akan bersikap sopan terhadap wanita

Berdasarkan 2 contoh diatas, susunan kalimat kata Old Car dan Classy Guy akan berubah ketika diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia. Old car akan berubah menjadi mobil tua, sedangkan Classy guy akan berubah menjadi pria berkelas.

  1. Perbedaan Mengenai Kata Kerja

Bahasa Inggris memiliki perbedaan kata kerja yang bergantung dengan waktu kejadian dan dapat masuk kedalam jenis regular maupun irregular verb. Bahasa Indonesia dalam penggunaan kata kerja tidak memiliki perbedaan dalam waktu kejadian baik untuk masa lampau, sekarang, atau kapanpun waktunya, kata kerja yang digunakan akan tetap sama. Contoh:

  • He will write a letter
  • Dia akan menulis sebuah surat
  • He has wrote a letter
  • Dia sudah menulis sebuah surat
  • I am writing a letter
  • Saya menulis sebuah surat
  1. Bentuk jamak (plural form)

Untuk mendeskripsikan objek yang lebih dari satu (plural) bahasa Indonesia memang lebih mudah untuk dipelajari. Kamu hanya perlu melakukan pengulangan seperti anak-anak, mobil-mobil, atau dengan menambahkan kata bantu jamak seperti misalnya banyak mobil, sejumlah warga, dan para relawan.

Bentuk bahasa Inggris untuk kata yang jamak memang sedikit lebih membingungkan. Bentuk jamak dalam bahasa Inggris terbagi ke dalam dua kategori:

  1. Kata benda jamak beraturan. Caranya kamu cukup menambahkan –s atau –es seperti cars, pages, books, paintings, matches, glasses dan lainnya.
  2. Kata benda jamak tidak beraturan. Untuk bagian ini memang tidak ada rumus pasti yang menentukannya. Ada yang mengalami sedikit perubahan seperti (woman-women, wolf-wolves, knife-knives), atau ada yang mengalami lebih banyak perubahan seperti (child-children, person-people, foot-feet, mouse-mice). Kemudian ada juga perubahan yang terdengar berbeda seperti (cactus-cacti, phenomenon-phenomena). Ada pula kata yang tidak perlu mengalami perubahan saat berbentuk plural, seperti species, sheep, deer, atau offspring.

Masih banyak lagi pelajaran yang harus kamu ketahui, yuk ikuti kursus bahasa inggris di English First!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s