Tips Hemat Mendekorasi Apartemen Baru

dekorasi apartemen

Pindah ke apartemen dan mengisi seluruh ruangan dari nol seperti terdengar sulit. Salah satu hal yang menjadikan hal ini terasa berat adalah minimnya dana yang dimiliki. Misal, Anda sudah menyiapkan konsep dekorasi apartemen impian namun isi dompet tidak mendukung. Alhasil, konsep tersebut hanya akan menjadi wacana belaka.

Kesalahan yang sering dilakukan orang saat akan mendekorasi apartemen adalah tidak mementingkan untuk membeli furnitur utama, dan lebih memilih untuk membeli aksesoris-aksesoris kecil. Inilah yang menyebabkan mereka merasa kekurangan dana untuk membeli barang-barang lainnya.

Sebenarnya, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda sudah memiliki perencanaan yang matang dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buat panduan dekorasi apartemen yang diinginkan. Fokus pada harga dan furnitur besar serta carilah alternatif jika harganya tidak sesuai budget.
  • Selanjutnya, Anda bisa mulai fokus pada pengadaan furnitur yang lebih kecil namun tetap penting seperti  tempat penyimpanan atau meja sudut.
  • Berikan sentuhan dekorasi akhir berupa aksesoris kecil yang dapat mencerminkan kepribadian Anda.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sebisa mungkin barang-barang tersebut sudah dibeli beberapa minggu sebelum tanggal kepindahan.

Tapi, Anda tak harus membeli semuanya sekaligus kok. Untuk mulai mendekorasi apartemen, Anda bisa fokus pada beberapa hal penting terlebih dahulu.

Pintu Masuk

Anda bisa meletakkan rak mantel serbaguna atau baki pada sisi pintu apartemen. Selain itu, penambahan bangku atau console table juga pilihan yang tepat untuk menciptakan kesan hangat saat memasuki ruangan. Peletakkan barang-barang tersebut pada pindu depan bertujuan untuk memberikan kesan pertama yang baik pada tamu dan menjadi tempat penyimpanan yang fleksibel dan mudah dijangkau.

Nah, jika semua furnitur dasar sudah tersedia, selanjutnya Anda dapat menambahkan furnitur lain seperti hiasan dinding atau cermin.

Ruang Tamu

Dekorasi pada ruang tamu mungkin akan menghabiskan lebih banyak uang dibanding ruangan lainnya. Agar biaya tidak membengkak, kelompokkanlah barang sesuai dengan tingkat kepentingannya, dimulai dari furnitur utama seperti  kursi, meja dan lampu. Setelah semuanya terpenuhi, barulah melanjutkan ke furnitur pemanis seperti bantal, karpet, lukisan serta aksesoris-aksesoris kecil lainnya.

Dapur

Selain membeli barang-barang untuk kebutuhan masak, Anda juga dapat mempercantik dapur dengan hardware atau lukisan. Jika memungkinkan, tambahkan meja makan kecil kemudian hiasi dengan wadah yang cantik namun tetap bermanfaat. Tambahkan juga akesoris lain seperti lukisan dan tanaman herbal.

Kamar Tidur

Sebagai tempat beristirahat, kamar tidur harus di-desain senyaman mungkin. Furnitur yang harus ada adalah ranjang. Selanjutnya, cobalah melakukan DIY aksesoris untuk mempercantik kamar tidur.

Jangan lupa memasang gorden pada jendela untuk memberikan kesan privasi dan menghalangi cahaya masuk berlebihan. Tambahkan pula meja kecil di sisi tempat tidur. Selanjutnya, tambahkan dekorasi apartemen berupa lampu atau karpet untuk memberikan suasana yang lebih nyaman.

Kamar Mandi

Anda bisa lho menciptakan suasana tropis pada kamar mandi. Caranya dengan meletakkan barang-barang yang mencerminkan suasana tropis seperti tirai mandi berwarna segar, rak dinding dan juga cermin rias. Kamar mandi apartemen Anda jadi antimainstream deh.

Itulah beberapa tips dekorasi apartemen baru tanpa membuat kantong bolong. Yang terpenting adalah penuhi dulu furnitur pendukung kebutuhan pokok dan sesuai dengan budget yang dimiliki. Setelah itu Anda bisa meng-upgrade dengan menambahkan aksesoris. So, happy trying!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s