Pentingnya Asuransi Properti Bagi Penghuni Apartemen

asuransi properti untuk apartemen
asuransi properti

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang paling rawan bencana. Sehingga kita perlu melindungi semua aset berharga khususnya properti dari kerugian yang tak diinginkan. Salah satunya dengan cara memiliki asuransi properti.

Asuransi properti adalah jenis perlindungan yang bertujuan mengantisipasi kerugian finansial dan meminimalisir risiko akibat kejadian tak terduga yang menimpa properti seperti bencana alam, kebakaran, pencurian dan lainnya. Asuransi properti terbagi 2 yaitu:

  1. PAR (Property All Risk). Menjamin seluruh risiko yang terjadi pada harta benda yang dipertanggungkan.
  2. PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia). Polis standar yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) untuk asuransi kebakaran.

Tapi sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham akan pentingnya asuransi properti. Padahal, manfaatnya sangat besar sekali. Asuransi ini juga menjamin perlindungan terhadap segala harta benda di dalam hunian. Jadi, tak hanya bangunan yang dilindungi, tapi juga barang-barang berharga di dalamnya.

Kebanyakan masyarakat yang memiliki asuransi properti adalah mereka yang tinggal di rumah tapak (landed). Lalu jika tinggal di apartemen, apa perlu memiliki asuransi properti? Begini penjelasannya.

Baca Juga: 6 Fasilitas Yang Wajib Ada di Apartemen

Menurut PP pasal 7 No. 4 tahun 1988 tentang rumah susun dan hunian menyatakan:

“Perhimpunan Penghuni harus mengasuransikan rumah susun terhadap kebakaran.”

Dan PP No. 4/1988 Pasal 61 ayat (2) mengatakan:

Setiap penghuni berkewajiban:

  1. Mematuhi dan melaksanakan peraturan tata tertib dalam rumah susun dan lingkungannya sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga;
  2. Membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran;
  3. Memelihara rumah susun dan lingkungannya termasuk bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Dari pernyataan tersebut, sebuah apartemen sebenarnya telah memiliki asuransi, tapi asuransi ini tidak menjamin barang yang ada di dalamnya. Sehingga jika terjadi musibah seperti kebakaran dan menghabiskan isi apartemen, maka tidak akan ada ganti rugi dari asuransi.

Hmm.. rugi ya? Tenang! Anda tidak akan mengalaminya jika membeli polis asuransi properti karena semua akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Dengan mengambil asuransi properti, Anda akan lebih nyaman tinggal di apartemen dan tak perlu khawatir atas musibah yang akan datang melanda. Tapi tetap, belilah polis asuransi sesuai kebutuhan ya!

Yuk baca artikel menarik lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s