Millenials Susah Nabung? Simak Tips Berikut ini!

cara-menabung

Kaum millennials kerap diidentikkan sebagai generasi yang sulit untuk menabung. Sehingga seringkali, generasi millennials diprediksi sulit untuk membeli rumah dan menghadapi berbagai masalah finansial. Eits, jangan pesimis dulu! Agar lebih mudah menabung simak tips berikut ini!

1. Lakukan Pekerjaan Tambahan

Jika kamu tergolong sangat sulit untuk menekan pengeluaran, cobalah untuk menambah pendapatan. Mulailah dengan hal yang ringan dan kamu sukai, misalnya freelance untuk menulis blog atau mendesain iklan, menjadi supir ojek online ataupun berjualan online, memelihara hewan ternak. Pilih pekerjaan yang kamu sukai agar kamu tidak terpaksa dalam melakukannya.

2. Jangan Remehkan Koin

Jangan pernah meremehkan koin, meski  Rp 1000,- sekalipun. Kamu harus memiliki celengan untuk menyimpan koin agar tidak meletakkan koin itu sembarangan. Ketika akhir bulan ataupun saat tidak ada cash, uang koin ini akan sangat berguna nantinya.

3. Catat

Biasakan untuk merinci pendapatan dan pengeluaran kamu sehari-hari. Agar lebih mudah, kamu dapat mencatat pengeluaran setiap kali kamu melakukan transaksi keuangan di notes smartphone kamu. Jangan lupa lakukan evaluasi terhadap pengeluaran kamu minimal seminggu sekali.

4. Kurangi Pengeluaran

Gunakan gajimu hanya untuk kebutuhan dasar saja, seperti makanan, tempat tinggal dan pakaian. Selain itu seperti hobi nongkrong, belanja ke mall ataupun traveling, bisa mulai kamu kurangi.

5. Jangan Menyisihkan tapi Prioritaskan

Pernahkah kamu mendengar orangtua kita mengajarkan “Jangan dihabiskan semua uangnya, sisihkan sebagian untuk ditabung.” Sayangnya ajaran itu sudah kuno dan ternyata salah. Sisihkan sama saja dengan SISAKAN, yang artinya baru akan dilakukan jika ada sisa uang. Jika kamu mengikuti prinsip sisihkan atau sisakan, maka akan sulit untuk menabung secara konsisten.

Lalu bagaimana seharusnya? Sebaiknya kamu memprioritaskan menabung, dengan kata lain tidak ada alasan untuk tidak menabung. Setiap bulan uang harus sudah dibagi-bagi dan tabungan menjadi salah satu prioritas utama.

Jika kamu sudah berhasil menabung, maka membeli rumah impian bukan lagi jadi halangan! Berikut ini merupakan kriteria rumah idaman milenial!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s