Mau Mengajukan KPR? Ini Lho Persyaratan yang Harus Kamu Siapkan!

syarat-mengajukan-kpr

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap manusia untuk menunjang kehidupannya. Tak semua orang mampu membeli rumah secara tunai. Namun, ketidakcukupan modal ini tak menandakan bahwa orang tersebut tidak bisa memiliki hunian. Kredit Pemilikan Rumah atau disingkat KPR adalah solusi dari masalah ini.

Apa itu KPR?

Dilansir dari cermati.com, KPR adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan/agunan berupa rumah itu sendiri dengan skema pembayaran 90% dari harga rumah.

Kini, sudah banyak bank yang menyediakan program KPR. Nah, jika Anda berminat untuk menggunakan fasilitas ini, tentu ada beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Dokumen Identitas Resmi

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah dokumen identitas resmi sebagai bukti bahwa Anda adalah warga negara Indonesia. Dokumen ini berupa KTP, KK, akta lahir, dan SKCK. Syarat lainnya adalah calon pembeli harus berusia minimal 21 tahun atau telah menikah.

Melampirkan Slip Gaji dan Bukti Bebas Hutang

Selain dokumen identitas resmi, Anda pun akan diminta untuk melampirkan slip gaji dan bukti bebas hutang. Jika memiliki hutang, Anda sebagai pemohon harus mempertimbangkan jumlah cicilan rumah yang diajukan dengan tanggungan yang sudah dimiliki.

Selain itu, bank juga akan meminta laporan pajak dan NPWP. Hal ini akan menjadi bahan pertimbangan bank untuk mempermudah mereka dalam menilai kemampuan bayar Anda sebagai calon customer. Jika memiliki kartu kredit, maka rekam jejak pembayarannya juga akan menjadi referensi tambahan. Ketepatan pembayaran kartu kredit menandakan disiplin customer yang ideal.

Performa Maksimal Saat Proses Wawancara

Setelah melengkapi dokumen, Anda akan lanjut ke tahap wawancara. Tahapan ini merupakan survei lanjutan atas pengajuan dan prosedurnya pun bisa berbeda di setiap bank. Untuk bisa mendapatkan persetujuan dari pihak bank, tampilkan performa yang maksimal saat menjalankan tahap ini.

Jawablah pertanyaan seputar kondisi keuangan dengan tenang dan jujur. Pastikan seluruh jawaban valid dan bisa dibuktikan dengan keberadaan dokumen. Tidak hanya menjawab, Anda bisa juga menanyakan hal – hal terkait sistem pembayaran terhadap pihak bank agar segala informasi sudah diketahui secara detail sebelum benar – benar deal.

Proses Pembayaran Awal

Setelah lolos dari tahap wawancara, kini saatnya Anda melakukan pembayaran awal. Ketika Anda membeli apartemen, rumah atau ruko dengan sistem kredit, uang muka adalah hal yang wajib Anda persiapkan. Nah, Anda bisa memilih apakah akan membayar DP besar atau kecil. Biasanya developer mematok DP rumah sebesar 30%. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan biaya-biaya lain seperti biaya apprasial (survey), provisi bank, administrasi, dan pajak.

Nah, itulah beberapa syarat mengajukan kredit pemilikan rumah. Tidak sulit bukan? Kini Anda pasti sudah siap untuk megajukan KPR. So, semoga berhasil ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s