Investasi dan Tabungan, Apa Bedanya?

Investasi dan Tabungan, Apa Bedanya?

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa berinvestasi dan menabung adalah hal yang sama. Ya, keduanya memang sama-sama bertujuan untuk mengumpulkan uang. Padahal, investasi dan tabungan adalah dua hal yang berbeda lho. Apa saja dan dimana letak perbedaannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Investasi

Investasi

 

Investasi adalah langkah menanamkan modal dengan harapan akan mendapat manfaat lebih di masa depan. Investasi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya jangka panjang dan tidak bisa digunakan untuk kepentingan mendadak. Ada beberapa jenis investasi yang umum dilakukan di Indonesia, seperti properti, saham, emas dan reksadana.

Sebagai contoh, dalam investasi properti, resiko yang akan Anda tanggung lumayan tinggi. Namun, pertambahan nilai asetnya lebih cepat. Dalam jangka waktu 2 tahun saja investasi properti menjanjikan keuntungan lebih dari 20%.

Tabungan

Menabung

 

Sementara itu, tabungan adalah proses penyimpanan sebagian dari pendapatan untuk kepentingan masa depan atau keperluan tertentu. Tabungan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek.

Tabungan sendiri umumnya merupakan sebuah produk dari bank. Ada beberapa jenis tabungan yang sering ditawarkan. Yang paling umum adalah tabungan jangka pendek yang berfungsi untuk berjaga-jaga, tabungan untuk menambah nilai aset, ataupun tabungan yang minim risiko. Persyaratannya pun cukup mudah, Anda cukup membuka rekening tabungan dengan setoran dana awal yang relatif kecil.

Lalu, lebih menguntungkan investasi atau tabungan?

Sebenarnya, keduanya sama-sama menguntungkan. Tabungan bisa Anda jadikan sebagai dana darurat ketika dibutuhkan. Namun, jumlah saldo tabungan terbatas sehingga Anda memiliki batas maksimal untuk menabung. Nilai saldo pun bisa berkurang karena tergerus potongan biaya admin dan pajak. Selain itu, nilai mata uang yang fluktuatif karena pengaruh valuta asing juga mengakibatkan keuntungan dari menabung tak sebesar keuntungan melakukan investasi.

Sementara itu, investasi dapat memberikan keuntungan untuk kebutuhan jangka panjang. Keuntungan yang dijanjikan pun lebih besar dibanding menabung. Apalagi jika yang Anda investasikan adalah properti yang nilainya selalu mengalami kenaikan setiap tahun.

Nah, itulah perbedaan antara menabung dan investasi. Pada intinya, keduanya memiliki tujuan menghimpun dana untuk masa depan, hanya penerapannya saja yang berbeda. Akan tetapi, jika Anda sudah memiliki tabungan dan masih bisa menyisihkan gaji, ada baiknya jika Anda juga melakukan investasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s