Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Apartemen

Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Apartemen

Apartemen sebagai tempat hunian alternatif disamping rumah tapak, menjadikannya sebagai objek investasi yang banyak dipilih, khususnya di kota-kota besar. Bagi Anda yang hendak membeli apartemen, tentu memiliki alasan tersendiri mengapa mengambil keputusan tersebut.

Anda mungkin saja membeli apartemen sebagai tempat hunian, atau untuk disewakan kembali. Namun, apapun alasan Anda membeli apartemen, ada baiknya bila Anda mempertimbangkan beberapa hal dengan baik dan cermat.

Hal-hal tersebut antara lain harga, waktu, lokasi, fasilitas, infrastruktur, tipe apartemen, dan pembiayaan. Semua item ini akan memberikan Anda deksripsi apartemen yang bagaimana yang cocok untuk Anda pilih.

Harga (Price)

Beberapa orang beranggapan bahwa harga menunjukkan kualitas barang yang dijual. Akan tetapi, jika Anda memperoleh penawaran harga yang lebih murah dari developer, mengapa tidak Anda petibangkan? Tentunya harga apartemen murah bukan berarti barangnya murahan juga. Dengan harga lebih murah sementara mendapat kualitas barang sama, bukankah sebuah keuntungan bagi Anda?

Waktu (Time)

Pertimbangkanlah dengan baik kapan waktu ideal untuk membeli apartemen yang cocok dengan kondisi keuangan Anda dan pertumbuhan ekonomi. Anda dapat saja memperoleh harga murah pada saat sekarang, namun hal ini belum tentu terjadi di masa mendatang. Bila Anda sudah mendapatkan waktu yang tepat untuk membeli apartemen yang sesuai selera, segera hubungi developernya dan membayar booking fee-nya.

Lokasi (Area)

Bagi Anda yang membeli apartemen sebagai tempat tinggal sendiri, mempertimbangkan lokasi apartemen tidak kalah penting.  Anda harus pertimbangkan dengan saksama, apakah apartemen dekat dengan tempat kerja atau berada di lingkungan yang teduh, nyaman, dan memiliki akses ke tol.

Fasilitas Umum (Public Service)

Fasilitas apartemen dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang tidak suka pergi jauh-jauh dari tempat tinggal. Jika apartemen Anda sudah memiliki fasilitas yang lengkap, Anda akan menjalani aktivitas dengan mudah. Misalnya, Anda cukup berolah raga di Sport Centre area apartemen atau makan di restoran yang tersedia di apartemen.

Infrastruktur

Suatu hunian dikatakan baik bila memiliki infrastruktur yang lengkap. Begitupula dengan apartemen. Jika Anda ingin membeli apartemen, pilihlah apartemen yang telah didukung berbagai infrastruktur, atau setidaknya dalam waktu dekat akan dibangun dan dikembangan infrastruktur yang memadai.

Beberapa infrastruktur penting yang perlu ada di dekat apartemen Anda adalah pusat perbelanjaan, pusat rekreasi, pusat bisnis, akses jalan tol, transportasi masal, pusat layanan kesehatan dan  pendidikan serta beberapa infrastruktur penunjang lainnya seperti tempat ibadah, tempat bermain anak, dan lain-lain.

Tipe Apartemen

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membeli apartemen adalah tipe dari apartemen tersebut. Pilihlah apartemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. JIka Anda masih lajang, apartemen studio mungkin cukup untuk Anda tinggali. Akan tetapi, jika Anda sudah berkeluarga tentu tipe studio sudah tidak relevan, kecuali jika apartemen tersebut akan Anda sewakan kembali.

Pembiayaan

Terakhir, pertimbangkan pula bagaimana cara Anda membeli apartemen. Apakah Anda membelinya dengan cara tunai (cash) atau dengan cara mengajukan pembiayaan ke lembaga keuangan atau bank. Apapun cara yang Anda pilih, pastikan bahwa hal itu tidak mengganggu cash flow Anda.

Saat ini banyak bank, baik syariah maupun konvensional yang menerima Kredit Pembiayaan Apartemen (KPA). Pilihlah bank yang menerapkan skema fix rate. Dengan skema fix rate ini akan memudahkan Anda mengetahui besaran biaya yang akan Anda keluarkan pada tahun-tahun berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s