Investasi Rumah atau Apartemen? Mana yang Paling Menguntungkan?

Investasi Rumah atau Apartemen? Mana yang Paling Menguntungkan?

Bagi Anda yang telah memiliki penghasilan stabil, tidak ada salahnya untuk memulai investasi guna memenuhi kebutuhan jangka panjang. Ada banyak jenis investasi, mulai dari emas, saham, reksadana dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, investasi bukanlah bisnis baru.

Sudah banyak sekali pebisnis yang berkecimpung di bidang ini. Karena Investasi merupakan bisnis yang menawarkan keuntungan yang menjanjikan. Jadi, tidak heran jika semakin hari, bisnis investasi semakin marak di pasaran.

Salah satu jenis investasi yang kini banyak digandrungi oleh para investor adalah bisnis properti. Bisnis yang bisa dikatakan tidak akan pernah mati ini menyedot banyak perhatian dari para investor. Jarang sekali harga properti itu stabil atau menurun bahkan mungkin tidak pernah. Karena harga properti selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Properti yang baik untuk dijadikan aset investasi properti di antaranya adalah rumah tapak dan hunian vertikal seperti apartemen. Lantas, manakah yang lebih menguntungkan jika dijadikan aset investasi? Mari kita bahas dari berbagai aspek tinjauan.

1. Segi kepemilikan

Dilihat dari hal mendasar, yakni segi kepemilikan. Jika Anda memilih untuk membeli rumah, maka nantinya Anda akan memiliki hak milik atas tanah dan bangunan rumah tersebut. Itulah sebabnya mengapa Anda harus selalu memastikan adanya surat kepemilikan saat akan membeli rumah. Berbeda dengan rumah, jika Anda memilih untuk membeli apartemen. Maka yang menjadi hak milik Anda hanyalah unit apartemennya saja. Sedangkan hak milik tanah masih dipegang oleh developer.

2. Harga

Jika Anda mencari properti untuk dijadikan aset investasi, tentu saja hal yang paling pertama menjadi bahan pertimbangan ialah lokasinya. Perlu diketahui bahwa harga 1 unit apartemen studio biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan harga rumah bertipe 45 di lokasi yang sama.

3. Biaya pemilharaan

Untuk biaya pemeliharaan, biasanya harga memelihara rumah lebih murah daripada biaya memelihara apartemen. Dan pada umumnya Anda tidak bisa merenovasi apartemen seenaknya, Anda biasanya  hanya bisa merenovasi interior apartemennya saja. Berbeda dengan rumah, Anda dapat menentukan segala renovasi sesuai dengan keinginan diri.

4. Fasilitas

Bicara tentang fasilitas, tentu Anda sudah mengetahui jawabannya. Apartemen menyediakan banyak fasilitas yang disediakan dan dirawat oleh developer mulai dari wifi, kolam renang, laundry, toko, pemantauan non stop melalui CCTV dan lain-lain. Sedangkan untuk rumah, Anda harus menyediakan fasilitas dan mengurusnya sendiri.

Sebenarnya masih banyak perbedaan antara rumah dan apartemen. Tetapi, pada dasarnya, investasi rumah maupun apartemen memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Semuanya tergantung pada keinginan dan kebutuhan Anda untuk memilih antara rumah atau apartemen sebagai aset investasi properti. Tapi, jika Anda bisa memiliki keduanya mengapa harus memilih salah satu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s