Ini Lho Penyebab Harga Apartemen yang Berbeda-Beda

Ini Lho Penyebab Harga Apartemen yang Berbeda-Beda

Semakin meningkatnya permintaan atas kebutuhan hunian di kota-kota besar mendorong semakin banyaknya pembangunan di bidang properti. Selain sebagai hunian, properti juga cocok dijadikan sebagai prospek investasi yang menjanjikan. Apartemen sebagai salah satu jenis properti yang sangat diminati oleh masyarakat, baik sebagai hunian maupun aset investasi, memiliki harga bervariasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pembeli.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok dan Tangerang, banyak masyarakat yang berburu untuk membeli apartemen sebagai solusi dari harga rumah yang semakin tinggi. Nah, harga apartemen di Jakarta sendiri lebih tinggi dibandingkan kota-kota disekitarnya. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor lho. Apa sajakah faktor-faktor tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Akses apartemen

Akses yang tersedia di sekitar apartemen seperti mall, rumah sakit, sekolah, stasiun dan jalan tol sangat mempengaruhi harga apartemen. Semakin dekat lokasi apartemen dengan akses-akses tersebut, maka akan semakin tinggi harga jualnya. Berbeda dengan apartemen yang jauh dari segala kemudahan akses, harganya justru akan mengalami penurunan.

2. Lingkungan sekitar

Sisi fisik seperti temperatur, kualitas air, suasana dan vegetasi merupakan bagian dari faktor ini ditambah sisi sosial. Keadaan lingkungan menjadi hal yang juga berpengaruh dalam penentuan harga. Apartemen yang berada dekat dengan SUTET atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) biasanya juga akan sulit mendapatkan KPA dan KPR dari Bank. Dan harganya pun juga akan rendah.

3. Komposisi material

Selain akses dan keadaan lingkungan sekitar, faktor komposisi dari penggunaan material bangunan yang digunakan juga menentukan harga apartemen lho. Materi bangunan dengan mengunakan pelapis keramik homogeneous akan sangat jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang menggunakan keramik standar. Hal ini memang terdengar sepele namun sangat berpengaruh dalam menentukan harga jual sebuah hunian.

4. Infrastruktur sekitar

Infrastruktur adalah faktor yang dapat menunjang akses ke/dari pusat-pusat kegiatan masyarakat. Jadi faktor ini juga menjadi salah satu poin penting dalam penentuan harga jual atau sewa sebuah apartemen. Lokasi hunian yang memiliki infrastruktur yang baik, seperti jalan yang mulus dan tidak rusak, terdapat penerangan di sepanjang jalannya, serta dekat dengan tol, akan meningkatkan harga suatu apartemen.

5. Fasilitas apartemen

Apartemen dengan fasilitas lengkap akan menjadikan harganya lebih tinggi dibandingkan dengan apartemen minim fasilitas. Hal Ini tentunya akan memudahkan pembeli dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menyebabkan harga apartemen meningkat.

Nah, itulah beberapa faktor yang menyebabkan harga apartemen berbeda-berbeda. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda dalam memilih apartemen yang tepat ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s