Ini Dia Cara Jitu Beli Rumah Setelah Menikah Meski Gaji Pas-Pasan

Ini Dia Cara Jitu Beli Rumah Setelah Menikah Meski Gaji Pas-Pasan

Keinginan untuk segera menikah seringkali muncul di benak Anda para pasangan muda. Tetapi, banyak pertimbangan yang membuat Anda mengundur-undur waktu pernikahan. Seperti seringkali muncul pertanyaan “akan tinggal dimana setelah menikah?”. Hal ini membuat Anda berpikir jika tinggal bersama orangtua, pasangan Anda belum tentu setuju. Apalagi jika Anda harus tinggal di pondok mertua indah.

Bingung tentunya. Apalagi ditambah gaji bulanan Anda dan pasangan tidak besar. Untuk kebutuhan sehari-hari saja pas-pasan. Belum jika nanti setelah menikah, pengeluaran juga akan bertambah. Tak pernah terpikir bisa membeli rumah.

Bagi Anda yang mengalami hal di atas, kini tidak perlu khawatir. Disini akan dibahas cara-cara jitu untuk bisa memiliki rumah dengan gaji yang standar setelah menikah!

1. Memahami Kondisi Keuangan Keluarga

Setelah menikah, ada baiknya Anda dan pasangan saling memahami kondisi keuangan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyatukan pendapatan Anda dengan pasangan. Kemudian menghitung pengeluaran perbulan dan menabungkan sisanya.

Bagi Anda yang berpendapatan minim, Anda bisa memulai bisnis berskala kecil. Seperti berjualan makanan, menjadi reseller produk kecantikan dan fashion atau mencari kerja sambilan.

2. Menekan Pengeluaran Tiap Bulan

Anda bisa memulai membuat skala prioritas pengeluaran. Anda cukup mengeluarkan uang untuk hal-hal yang penting berskala primer. Selain itu, mengurangi intensitas pengeluaran uang untuk hiburan seperti jalan-jalan, belanja dan menonton bioskop cukup membantu Anda mengumpulkan dana untuk membeli rumah.

3. Membuat Tabungan Khusus

Membuat rekening khusus bersama pasangan untuk tabungan membeli rumah juga cukup membantu. Anda dan pasangan dapat memulai komitmen untuk menyisihkan minimal sepertiga dari pendapatan yang nantinya Anda tabung di rekening khusus tersebut.

Mengapa harus rekening khusus? Hal ini dilakukan untuk menghindari uang tabungan terpakai untuk hal-hal yang tidak perlu. Karena terkadang nafsu manusia sulit dikendalikan ketika melihat barang yang berkilau. Ini cenderung terjadi pada perempuan. Untuk itu, dengan adanya rekening khusus diharapkan hal tersebut tak lagi terjadi.

4. Mencoba Berinvestasi

Seperti yang kita tahu, investasi menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Bagi Anda yang berpenghasilan pas-pasan bisa coba memulainya. Disarankan Anda meminta saran pada orang yang sudah cukup berpengalaman di bidang investasi. Atau Anda dapat memulai investasi yang tidak terlalu besar seperti investasi emas dan reksadana.

5. Memulai Kredit

Jika pada apartemen ada KPA (Kredit Pemilikan Apartemen), maka pada pembelian rumah ada program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) sebagai alternatif cara mendapatkan rumah ideal. Namun yang harus diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk mengikuti program KPR adalah jangan sampai cicilan Anda melebihi 30% dari pendapatan yang Anda terima. Hal ini bertujuan agar Anda tidak merasa terbebani ketika membayar cicilan rumah.

Itulah beberapa cara jitu yang bisa Anda lakukan ketika hendak memiliki rumah. Semoga Anda tidak lagi kesulitan membeli rumah ketika telah menikah nanti. Bijaklah dalam mengeluarkan uang, menabunglah selagi bisa agar tiada lagi kesulitan finansial di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s