Ingin Membeli Apartemen? Penting untuk Mengetahui Tips Ini!

Ingin Membeli Apartemen? Penting untuk Mengetahui Tips Ini!

Apartemen adalah sebuah model hunian berbentuk petak yang disusun secara bertingkat biasanya dibangun di kota-kota padat penghuni seperti Jakarta, Bandung dan lain-lain. Apartemen menjadi salah satu hunian yang cukup diminati oleh masyarakat di perkotaan dengan bermacam latar belakang dan alasan, seperti semakin minimnya lahan untuk membangun rumah.

Hal ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mendapatkan pundi-pundi kekayaan dengan membuka bisnis jual beli apartemen. Bagi Anda yang berniat untuk membeli apartemen ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda merasa nyaman ketika menghuni apartemen tersebut. Apa sajakah itu?

1. Pilih Lokasi

Tips membeli apartemen yang pertama adalah pilih apartemen yang dekat dengan tempat Anda melakukan aktivitas rutin seperti bekerja atau sekolah. Usahakan hunian Anda dekat dengan beberapa fasilitas umum seperti tempat ibadah, pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit dan fasilitas umum lain yang menunjang kehidupan Anda selama tinggal di apartemen.

Juga yang tak kalah penting adalah perhatikan akses jalur transportasi umum untuk memudahkan Anda ketika hendak berpergian.

2. Sesuaikan Budget Dan Harga Beli

Harga apartemen yang bervariasi membuat Anda harus jeli ketika hendak membelinya. Jangan hanya terpaku pada satu pilihan. Carilah beberapa apartemen yang menurut Anda cocok. Surveylah apartemen tersebut secara langsung. Sesuaikan budget yang Anda miliki dengan mempertimbangkan letak apartemen, ukuran, usia bangunan dan hal-hal lain yang menurut Anda mempengaruhi kenyamanan selama Anda menempati apartemen tersebut.

3. Pembayaran

Untuk Anda yang memiliki cukup budget untuk membeli apartemen, hendaklah lakukan pembayaran secara tunai. Karena dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan seperti mendapat diskon yang lumayan besar berkisar 15-20%.

Sedangkan bagi Anda yang berniat menyicil menggunakan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak bank yang memfasilitasi pembiayaan apartemen Anda.

4. Perhatikan Biaya Operasional

Tinggal di apartemen membuat Anda harus membayar beberapa biaya tambahan seperti biaya laundry (karena biasanya apartemen tidak menyediakan ruang jemur), biaya air, listrik dan gas serta biaya telepon dan internet. Hitunglah terlebih dahulu pemasukan dan biaya hidup Anda setiap bulan. Apakah cukup jika ditambah dengan biaya operasional apartemen yang akan Anda beli?

5. Keamanan dan Kenyamanan

Tips membeli apartemen yang terakhir adalah cari apartemen yang tingkat keamanannya baik. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas yang disediakan di dalam apartemen. Seperti dipasangnya CCTV, adanya penjaga yang siap selama 24 jam di apartemen Anda. Selain itu perhatikan pula ketersediaan area parkir, taman, sarana olahraga, tempat makan, minimarket dan sarana lain yang menunjang kehidupan Anda.

Itulah beberapa tips yang membantu Anda menentukan pilihan apartemen mana yang akan dibeli. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s