Menabung atau Investasi? Ini Dia yang Paling Buat Untung!

menabung-atau-investasi

Banyak masyarakat beropini bahwa menabung dan investasi adalah hal yang sama. Namun pada kenyataannya, menabung dan investasi adalah dua hal yang berbeda. Mengapa demikian? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menabung diartikan sebagai menyimpan uang baik itu di dalam celengan, pos atau bank.

Sementara itu, investasi merupakan penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan, atau lebih sederhanya investasi adalah upaya menambah nilai asset yang dimiliki.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai perbedaan menabung dan investasi.

1. Akses penarikan

Ketika menabung, Anda dapat mengakses uang Anda dimana pun dan kapan pun. Dalam keadaan mendesak, Anda juga dapat dengan mudah mencairkan tabungan Anda melalui ATM. Itulah sebabnya menabung biasanya dilakukan untuk tujuan jangka pendek.

Sedangkan dalam investasi, ada yang dinamakan ketentuan periode pencairan. Hal ini menyebabkan ketidakmungkinan untuk mengambil uang hasil investasi secara mendadak, sehingga lebih cocok dilakukan untuk tujuan jangka panjang.

2. Bentuk

Bentuk simpanan saat menabung pada umumnya berupa uang yang disimpan di bank dalam bentuk tabungan atau deposito. Sedangkan bentuk investasi sendiri digolongkan menjadi dua. Yang pertama adalah investasi melalui asset riil yang dapat dilihat, seperti properti dan emas. Dan yang kedua adalah investasi melalui berbagai produk pasar modal seperti saham, obligasi dan reksa dana.

3. Risiko dan Bunga

Menabung dapat dikatakan memiliki risiko lebih kecil dibandingkan dengan investasi. Hal ini dikarenakan sistem keamanan bank yang canggih dan terpercaya sehingga kecil kemungkinan tabungan dicuri pihak tidak bertanggaung jawab. Andai hal itu terjadi pun, pihak bank siap mengganti uang nasabah yang hilang. Belum lagi setiap nasabah bank akan mendapatkan bunga setiap tahun dari tabungan yang disimpan. Hal ini lumayan menguntungkan meskipun jumlah bunga yang diberikan tidak terlalu besar.

Tetapi, investasi menawarkan keuntungan yang jauh lebih besar dari pada bunga tabungan. Modal yang ditanam akan terus bertambah nilainya dari waktu ke waktu. Hanya saja, semakin besar keuntungan yang didapat, maka semakin besar pula risiko yang ditanggung. Bahkan dana investasi Anda memiliki kemungkinan hilang total lho. Misalnya dalam investasi saham ketika suatu perusahaan bangkrut.

Manabung dan investasi sama-sama memiliki kelemahan dan kelebihan. Jika ditanya mana yang lebih menguntungkan, tentu saja jawabannya tergantung pada tujuan Anda. Apabila Anda memiliki tujuan jangka pendek, maka menabung tentu lebih menguntungkan. Namun jika Anda hendak mempersiapkan dana jangka panjang, investasi akan jadi pilihan yang tepat.

Dalam merencanakan optimalisasi keuangan, akan lebih baik jika Anda melakukan keduanya, berinvestasi dan menabung. Dengan begini, Anda tidak akan kesulitan dalam menyiapkan dana baik itu darurat maupun untuk modal dalam meraih cita-cita Anda di masa depan. Sekarang, sudahkah Anda memiliki niat menabung sambil berinvestasi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s