Modal Pas-Pasan Mau Punya Apartemen? Begini Trik Jitunya

Modal Pas-Pasan Mau Punya Apartemen? Begini Trik Jitunya

Banyak orang yang berpendapat kalau apartemen hanya bisa dimiliki oleh mereka yang berpenghasilan tinggi. Padahal, hal tersebut belum tentu benar lho. Dengan strategi tepat dan perencanaan matang, Anda yang bergaji UMR masih punya kesempatan untuk membeli apartemen.

Ya, modal yang dibutuhkan untuk membeli sebuah apartemen memang tidak sedikit. Nah, sebagai solusinya, di bawah ini ada beberapa trik jitu untuk Anda yang memiliki modal pas-pasan agar bisa memiliki apartemen idaman.

Menabung

Trik pertama dan paling utama adalah menabung. Usahakan untuk selalu menyisihkan sepertiga dari total gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya untuk menabung DP apartemen.

Namun, jika mengalami saat-saat darurat seperti kecelakaan, sakit mendadak, atau terkena musibah, Anda tentu boleh menggunakan dana tabungan tersebut. Walaupun membeli apartemen adalah prioritas, jangan sampai Anda mengabaikan hal-hal penting lainnya ya.

Memanfaatkan Bonus Atau THR Sebagai Modal Awal

Tunjangan Hari Raya (THR) yang biasa diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya dapat dimanfaatkan sebagai modal awal untuk membeli apartemen lho. Selain itu, pada momen ini, banyak developer yang menawarkan promo-promo menarik, seperti uang muka ringan. Momen ini tentu harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya agar bisa memiliki apartemen dengan harga terjangkau.

Membeli Proyek Baru

Apartemen yang masih dalam tahap pengembangan biasanya lebih murah dibanding apartemen siap huni. Developer pun biasanya akan menawarkan berbagai  promo maupun bonus menarik. Anda mungkin berkesempatan untuk bisa membeli apartemen baru dengan uang muka hanya sekitar 5% sampai 25% saja. Sangat menguntungkan bukan?

Tentukan Harga Apartemen

Salah satu kebijakan pemerintah yang akan memudahkan Anda untuk memiliki hunian idaman adalah diturunkannya DP properti menjadi 15%. Dengan begini, Anda yang bergaji UMR (sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta) memiliki kesempatan untuk membeli apartemen dengan rentang harga Rp 150 jutaan hingga Rp 300 jutaan.

Untuk apartemen seharga Rp 150 jutaan dengan DP 15% – 20%, uang muka yang harus Anda bayarkan adalah Rp 20 jutaan hingga Rp 30 jutaan dengan cicilan sebesar Rp 1 jutaan dalam masa tenor 20 tahun.

Memanfaatkan Kredit Pemilikan Apartemen

Trik selanjutnya adalah dengan menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Cara ini terbilang tepat bagi Anda yang ingin membeli apartemen namun tidak memiliki cukup dana untuk membelinya secara tunai.

Menyewakan Properti

Menyewakan apartemen dapat membantu Anda menambah pendapatan bulanan serta membantu dalam membayar KPA. Tapi, periksa terlebih dahulu perjanjian dengan pihak bank pemberi pinjaman. Sebab, ada beberapa bank yang melarang properti disewakan sebelum jangka waktu lima tahun.

Bagaimana, mudah kan? Semoga dengan tips membeli apartemen di atas, keinginan untuk memiliki apartemen impian bisa segera tercapai. Happy trying!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s