Jangan Boros! Begini Lho Cara Menghemat Listrik Di Rumah

Cara Menghemat Listrik Di Rumah

Listrik sudah masuk ke Indonesia sejak bertahun-tahun lamanya. Meskipun masih ada beberapa daerah di Indonesia yang belum teraliri listrik, sebagian besar masyarakat sudah menikmati keberadaan salah satu energi hasil bumi ini. Penggunaannya pun kian meningkat setiap tahunnya.

Padahal, energi listrik termasuk energi yang tak bisa diperbarui lho, sehingga seharusnya penggunaanya pun harus dikontrol. Maka dari itu, Anda harus mulai memperhatikan dan menghemat penggunaan listrik di rumah. Nah, di bawah ini ada beberapa cara menghemat listrik yang dapat Anda lakukan.

Gunakan Sistem Pulsa

Menggunakan listrik dengan sistem pulsa adalah salah satu cara tepat untuk menghemat listrik. Anda bisa menyesuaikan penggunaan listrik dengan kebutuhan yang sudah direncanakan. Jika pulsa listrik habis, otomatis aliran listrik di rumah pun akan terputus. Untuk menggunakannya kembali, Anda perlu mengisi ulang pulsa. Dengan begini, Anda bisa lebih bijak dalam memakai listrik.

Gunakan Alat Elektronik Hemat Listrik

Perangkat elektronik hemat listrik kini semakin mudah untuk didapatkan. Walaupun harganya sedikit lebih mahal, cara ini terbukti cukup berpengaruh terhadap konsumsi listrik yang digunakan. Misalnya, lampu LED yang hemat konsumsi energi serta lebih awet dan tahan lama. Demikian halnya dengan penggunaan TV LED maupun barang elektronik lain yang memiliki fitur hemat energi atau Eco.

Cabut Kabel dari Saklar

Salah satu kebiasaan pemborosan listrik yang jarang disadari adalah membiarkan kabel alat elektronik menancap di saklar saat tak digunakan. Peralatan elektronik yang tetap menancap pada saklar akan tetap mengalirkan listrik. Hal ini akan memakan daya listrik yang cukup besar dan listrik pun terbuang sia-sia. Selain itu, membiarkan hal ini terus-menerus juga dapat membuat ruangan menjadi panas lho.

Bijak Menggunakan Alat Elektronik

Penggunaan alat elektronik merupakan salah satu konsumsi listrik paling besar. Seperti yang sudah dibahas di atas, penggunaan alat elektronik ramah lingkungan akan membantu Anda mengurangi penggunaan listrik. Namun, sekedar menggunakan perangkat elektronik yang ramah lingkungan saja tidaklah cukup.

Untuk benar-benar bisa menghemat listrik, Anda harus bijak dalam menggunakan peralatan elektronik. Misalnya, hanya menyalakan AC ketika sangat dibutuhkan atau dengan tidak menyimpan makanan panas di dalam kulkas. Selain itu, perhatikan juga penggunaan perangkat elektronik. Jangan lupa untuk mematikan serta mencabut kabel dari stop kontak setelah selesai menggunakan perangkat tersebut.

Sebenarnya, masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat listrik di dalam rumah. Setidaknya, informasi di atas dapat membantu Anda dalam mengurangi dan menurunkan pengeluaran bulanan serta konsumsi energi di bumi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s