7 Hal Ini Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Apartemen

hal-yang-harus-diketahui-sebelum-membeli-aparteme

Semakin mahalnya harga tanah menjadi alasan bagi banyak orang untuk tinggal di hunian lain, seperti apartemen. Selain harganya yang lebih terjangkau, hunian ini dipilih karena banyaknya fasilitas yang ditawarkan oleh pihak developer.

Bagi Anda yang sedang mencari apartemen untuk ditinggali, sudahkah Anda menemukan tempat yang tepat? Dari segi manakah Anda melihat kualitas sebuah apartemen?

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, di bawah ini terdapat penjelasan mengenai beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli apartemen.

1. Lokasi

Sebelum membeli apartemen, Anda harus melakukan survey lokasi terlebih dahulu. Coba lihat apakah lokasi tersebut dekat dengan tempat kerja, kampus, atau sekolah Anda. Apakah dekat dengan rumah sakit, tempat perbelanjaan, akses jalan raya, atau fasilitas-fasilitas umum lainnya. Semakin strategis lokasi apartemen akan semakin baik untuk ditinggali.

2. Rekam jejak developer

Penting bagi Anda untuk mengetahui siapa dan bagaimana kredibilitas dari developer apartemen yang akan dibeli. Karena tak jarang terjadi kasus bangunan terlantar yang disebabkan oleh developer yang bermasalah. Anda dapat mengecek kredibilitas developer di Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

3. Sertifikat bangunan

Sertifikat seperti Hak Guna Bangunan (HGB), Surat Izin Prinsip, Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penggunaan Peruntukkan Tanah (SIPPT) harus Anda cek kebenaran dan keabsahannya terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk mengecek sertifikat yang nantinya akan Anda terima yaitu Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).

4. Usia bangunan

Jangan lupa juga untuk mengecek usia bangunan. Jika Anda membeli apartemen second, jangan pilih bangunan yang terlalu tua. Karena, semakin tua usia bangunan maka akan semakin besar biaya perawatan yang harus dikeluarkan.

5. Keamanan

Keamanan sangat penting untuk diketahui karena hal ini bersangkutan dengan kelangsungan hidup Anda. Cari tahu apakah terdapat CCTV atau security di apartemen yang akan Anda beli.

6. Carilah sesuai kebutuhan

Terdapat 3 jenis apartemen yang dapat kamu pilih yaitu furnished, semi-furnished, dan full furnished. Selain itu, ada juga beberapa ukuran yang bisa kamu ambil seperti ukuran studio, 1 bedroom, dan lain-lain. Jangan membeli karena gengsi. Pilihlah sesuai kebutuhan serta budget yang dimiliki.

7. Cara pembelian

Terdapat 2 cara dalam melakukan pembayaran apartemen, yaitu cash dan kredit (KPA). Jika Anda ingin membayar secaya kredit, cari tahu apakah apartemen yang ingin dibeli menyediakan layanan KPA tersebut.

Itulah 7 hal yang harus dicari tahu sebelum membeli apartemen. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menemukan apartemen terbaik. Happy hunting!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s