4 Tips Membeli Apartemen – Jangan Sampai Anda Salah Pilih

tips membeli apartemen

Mencari rumah di Jakarta dengan harga murah bukanlah hal yang mudah, ketersediaan lahan yang semakin sedikit membuat harga rumah kian melambung. Oleh karena itu banyak warga Jakarta yang beralih ke Apartemen. Apa saja hal – hal yang perlu diketahui sebelum membeli apartemen? Simak 4 tips membeli apartemen berikut ini!

Tips Membeli Apartemen

1. Fasilitas

Tips membeli apartemen yang pertama adalah Fasilitas. Kenali fasilitas-fasilitas umum disekitar tempat Anda tinggal seperti stasiun LRT, halte bus, rumah sakit, kantor polisi, sekolah, kampus, minimarket, pusat perbelanjaan, dan pusat perkantoran. Pilihlah apartemen yang memiliki fasilitas lengkap untuk mendukung kebutuhan anda.

Adanya integrasi apartemen dengan Light Rail Transit atau LRT, membuat Anda tidak perlu lagi khawatir akan terkena macet, waktu yang Anda butuhkan untuk pergi ke kantor menjadi lebih singkat.

Selain itu dengan menggunakan LRT Anda akan menghemat biaya bensin dan tol serta dapat mengurangi jumlah polusi yang ada, bukankah itu hal yang baik bagi lingkungan kita? Selain itu dengan menggunakan LRT juga Anda termasuk yang mendukung Apartemen dengan konsep TOD.

2. Pelajari Rekam Jejak Developer

Jika Anda membeli sebuah apartemen, Anda 100% bergantung pada developer. Banyak kasus bangunan apartemen yang ditinggal terlantar karena developer bermasalah. Anda dapat mencari tahu kredibilitas developer dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Salah satu developer terpecaya yang telah membangun banyak apartemen dan perumahan adalah HK Realtindo.

3. Sertifikat Bangunan

Tips membeli apartemen yang ketiga adalah Sertifikat Bangunan. Jangan lupa mengenai sertifikat dan legalitas bangunan. Anda perlu mengetahui dan memeriksa Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki oleh developer, surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Peruntukan Tanah (SIPPT). Lakukan pengecekan dan validasi ke instansi terkait sebelum Anda memutuskan membeli apartemen.

4. Lokasi

Ketika Anda akan membeli sebuah apartemen sebaiknya lakukan survei lokasi terlebih dahulu, agar Anda dapat mempertimbangkan jarak, terutama jarak dari apartemen ke kantor, apakah terlalu jauh atau tidak. Selain itu perhatikan juga kemudahan aksesnya. Jika lokasi Anda ke kantor cukup jauh namun didukung dengan kemudahan LRT, maka hal itu cukup dapat dipertimbangkan.

Faktor lokasi merupakan hal yang mutlak bila Anda menginginkan keuntungan. Salah satu yang menjadi penilaian adalah lokasi sunrise property, yaitu properti yang berada di kawasan yang akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Properti ini adalah investasi yg menjanjikan untuk jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s