Asuransi Kendaraan Total Loss: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui

asuransi kendaraan total loss

Bagi Anda pemilik mobil, tentu ingin agar kondisi mobil senantiasa baik, mulus dan tanpa cacat. Namun faktanya kita tidak bisa menghindari kecelakaan mobil, dan jika mobil sudah rusak biaya perbaikan mobil akan sangat mahal.

Untuk itu sebaiknya gunakan asuransi kendaraan total loss, asuransi tlo atau asuransi total loss only adalah jenis asuransi yang hanya memberikan perlindungan pada mobil akibat pencurian atau kerusakan dimana biaya perbaikannya sama atau lebih dari 75% atas harga mobil.

Jadi risiko yang ditanggung oleh asuransi kendaraan total loss bukan saja jika mobil Anda hilang karena aksi kriminal, namun juga kerusakan pada mobil dimana biaya perbaikannya sebesar 75%. Kerusakan 75% sengaja dijadikan patokan karena bisa dipastikan kendaraan itu dalam kondisi rusk parah dan tak mungkin lagi untuk digunakan atau diperbaiki, oleh karena itu perusahaan asuransi akan menggantinya senilai harga mobil tersebut pada tahun itu.
Artinya bila kendaraan diasuransikan dengan jenis perlindungan TLO mengalami kerusakan minor seperti goresan di bodi mobil, spion patah atau kerusakan kecil lain, maka pemilik kendaraan tidak bisa klaim asuransi.
Asuransi kendaraan total loss ini sangatlah tepat dipilih jika mobil berumur 10 – 15 tahun, karena pada umur tersebut, kondisi body mobil sudah tidak semulus seperti ketika masih baru. Jika mobil lama (6 – 10 tahun) menggunakan asuransi mobil all risk, maka akan dikenakan biaya loading rate 5 % per tahun dan hal ini tentu akan meningkatkan biaya premi asuransi Anda.
Asuransi kendaraan total loss memberikan jaminan perluasan dari banjir, gempa bumi, huru hara, sabotase dan terorisme.
Asuransi kendaraan total loss juga memberikan perlindungan tambahan terhadap tanggung jawab pihak ketiga (TPL). Asuransi mobil pihak ketiga ini sangat bermanfaat jika suatu saat misalnya Anda menyebabkan kecelakaan dan mengakibatkan adanya korban, maka baik biaya kesehatan maupun biaya perbaikan mobil akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan polis asuransi yang berlaku.

Manfaat Asuransi Kendaraan Total Loss

1. Asuransi Kendaraan Total Loss membuat kita lebih hemat.

Hal ini terjadi karena biaya premi asuransi tlo lebih murah daripada premi asuransi all risk. Klaim asuransi tlo hanya 1 kali yaitu bila kendaraan hilang atau rusak parah, sedangkan klaim asuransi mobil all risk bisa klaim berkali-kali, hal itu yang menyebabkan biaya operasional perusahaan asuransi membengkak, dan itu dibebankan kepada pihak nasabah.

2. Asuransi Kendaraan Total Loss membuat kita lebih berhati-hati berkendara.

“Pakai asuransi All Risk ini kok, kalau kenapa-napa tinggal klaim.” Pola pikir ini bisa membuat kita abai untuk berhati-hati. Sebaliknya, kalau risiko itu tidak ditanggung asuransi maka akan memaksa kita untuk berpikir ribuan kali untuk melakukan kecerobohan. Risiko dari kecerobohan itu mahal harganya karena mesti merogoh kocek sendiri dan tak ditanggung asuransi.
Lengkapi asuransi kendaraan total loss dengan perluasan pertanggungan untuk banjir, gempa dan huru hara. Mengapa hal ini diperlukan? Karena misalnya rumah Anda tidak termasuk daerah rawan banjir, tapi siapa yang bisa menjamin ketika memarkirkan kendaraan di suatu tempat tak bakal kena banjir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s