Cara Mudah Mendapatkan Fasilitas Mobil Pengganti Saat Klaim Asuransi

tips-mendapatkan-mobil-pengganti1

Mencari asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan memang bukanlah perkara mudah. Tolak ukurnya bukan sekedar premi asuransi yang murah, proses klaim asuransi yang mudah atau pelayanan yang ramah.

Namun, ada hal yang mesti kalian pikirkan dan pertimbangkan, yaitu mobil pengganti. Yang mestinya menjadi pertanyaan ketika kalian akan membeli asuransi mobil. Apakah pihak asuransi menyediakan mobil pengganti untuk nasabahnya? Nah, Fasilitas semacan ini memang terbilang sangat diperlukan, apalagi jika kalian yang sering mengandalkan kendaraan yang satu ini sebagai alat mobilitas keseharian.

Intinya sih, agar mempermudah saja, apabila mobil kalian mengalami suatu kejadian yang tidak diinginkan dan harus menginap di bengkel rekanan asuransi. Disinilah mobil pengganti dari asuransi mobil berperan, kan tak perlu repot memikirkan cari mobil pengganti. Tinggal kontak perusahaan asuransi, minta disediakan mobil pengganti. Beres kan!

Perlu diperhatikan juga, apakah didalam polis asuransi kalian sudah terdapat layanan mobil pengganti? Jangan sampai ketika kalian meng-klaim asuransiterus minta mobil pengganti eh, ternyata mobil pengganti tersebut tidak terlampir dalam polis maupun pihak asuransi. Jadi, pastikan hal ini pada saat kali pertama kali akan mengasuransikan mobil, jangan sampai klaim asuransi mobil Anda ditolak. Lalu bagaimana untuk mendapatkan fasilitas mobil pengganti saat mengajukan klaim asuransi?

Simpan Polis Asuransi di Mobil dan Catat Nomor Klaim Asuransi
Alangkah baiknya jika kalian membawa salinan polis asuransi di dalam laci mobil. Hal ini sangat berguna dan mempermudah kalian saat akan mengajukan klaim asuransi ke customer service perusahaan asuransi. Setelah itu, maka secara otomatis mendapatkan nomor klaim atau tiket klaim asuransi. Nomor tersebut merupakan sebagai penanda, kalau kalian telah mengajukan klaim asuransi lantaran kendaraan rusak akibat insiden kecelakaan atau sebab lain.

Tanyakan Estimasi Waktu pengerjaannya
Bengkel rekan tentunya akan memeriksa dan memperbaiki mobil kalian sesuai dengan porsi kerusakan kendaraan yang dialami. Dan dari situlah pihak bengkel akan mengkonfirmasi estimasi waktu atau bisa juga kalian tanyakan. Kenapa begitu? Agar kalian dapat memprediksi berapa lama akan menggunakan mobil pengganti dan agar tidak melebihi batas waktu penggunaan mobil pengganti tersebut.

Jangan harap bisa cepat ya, jika mobil kalian mengalami kerusakan yang sangat parah, tentunya pengerjaannya pun akan lama dan tak hanya itu, estimasi pengerjaan juga sangat tergantung dengan situasi dan kondisi bengkel rekan. Apakah banyak antiran atau bisa langsung dikerjankan. Jika memang ramai, maka kalian perlu bersabar terlebih dahulu dah menanyakannya kepada pihak bengkel rekan atau mekanik bengkel kapan mobil kalian bisa ditangani. Agar pengerjaanya tidak molor, maka kalian dapat ikut mengawai proses pengerjaanya.

Mengetahui bagaimana prosedur dan syarat mendapatkan mobil pengganti
prosedur-klaim-asuransi-mobil Setelah mengetahui informasi tentang estimasi waktu pengerjaan perbaikan kendaraan di bengkel, maka langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah melakukan konfirmasi kepada pihak asuransi. Dimana pihak asuransi ini yang akan memutuskan apakah kalian akan diberi mobil pengganti atau tidak. Pasalnya, pihak asuransi akan memberikan mobil pengganti apabila mobil kalian harus menginap di bengkel dan estimasi lamanya pengerjaan kendaraan inilah yang menjadi suatu persyaratan untuk mendapatkan mobil pengganti.

Jangan lupa, untuk menanyakan kepada rekan bengkel menganai besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan kendaraan dan buatlah daftar mengenai perbaikan kendaraan kalian mulai dari spare part atau komponen apa saja yang diganti dan bagian mana saja yang diperbaiki. Hal ini tentunya sangat berguna sebagai kelengkapan membuat laporan yang nantinya akan diajukan kepada pihak asuransi.

Dibawah ini merupakan prosedur umum dalam klaim asuransi untuk mendapatkan mobil pengganti sebagai berikut:

  • Pastikan nomor klaim asuransi mobil kalian sudah ditangan. Jangan sampai nomor klaim belum keluar, kalian sudah memasukkan mobil ke bengkel rekan. Hal tersebut merupakan suatu kesalahan karena nomor klaim merupakan atau sama saja surat perintah kerja dari asuransi. Apabila nomor klaim sudah ada ditangan artinya pihak asuransi sudah menyetujui dan memproses klaim asuransi kalian.
  • Pihak asuransi akan memberikan mobil pengganti untuk nasabahnya, jika kendaraannya harus diperbaiki di bengkel rekan dengan kurun waktu pengerjaan lebih dari dua hari.
  • Perlu kalian ketahui dan ingat! Biasanya pihak asuransi hanya akan memberikan tenggang waktu 5 hari kalender untuk menggunakan mobil pengganti. Untuk itu kalian harus memastikan pihak bengkel
    rekan akan langsung mengerjakan saat mobil kalian masuk dan tentunya bengkel rekan harus sudah menuntaskan perbaikannya kurang dari 5 hari. Jika memang pengerjaanya molor, siap-siap deh kalian
    kena charge. Kenapa begitu? Karena jika kalian melebihi batas waktu yang sudah ditentukan, maka kalian akan dianggap sewa mobil tersebut

Apakah semudah itu Proses Klaim Asuransi dan Mendapatkan Mobil Pengganti?
Pada kenyataanya, ternyata lumayan kompleks. Pasalnya, pihak asuransi tidak sanggup memenuhi kebutuhan mobil pengganti secara bersamaan. Karena mobil yang mereka sediakan sangat terbatas dan bisa jadi jumlah mobil pengganti tidak sebanding dengan banyaknya permintaan. Alhasil, pihak asuransi bisa saja tidak mengabulkan permintaan kalian.

Antisipasi Kemungkinan Terburuk
Cara yang paling ampuh dilakukan adalah menyesuaikan waktu masuk ke bengkel bersamaan dengan dapatnya mobil pengganti. Perlu kalian catat jika kondisi mobil kalian tidak mengalami kondisi tidak darurat maka kalian bisa menyesuaikan jadwalnya. Jika mobil kalian mengalami kondisi yang darurat, mau tidak mau kalian harus memasukkan mobil ke bengkel rekan. Dan perlu kalian catat nomor klaimnya sehingga pihak asuransi dapat mudak mengecek stok mobil pengganti dan menyesuaikan dengan jadwal masuk bengkel bagi mobil kalian. Dengan begitu kalian bisa menjalani rutinitas secara normal sembari menunggu mobil kalian yang diperbaiki oleh bengkel rekan.

Begitulah tips untuk mendapatkan mobil pengganti. Semoga membantu, dengan begitu kalian bisa menjalankan rutinitas dengan normal dan lancar dan bagi kalian yang belum memiliki asuransi mobil pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki fasilitas seperti ini! Baca juga gabung taksi online asuransi mobil terancam hilang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s