Asuransi Perjalanan, Perlukah Menggunakannya saat Libur Akhir Tahun?

asuransi-perjalanan

Menjelang akhir tahun artinya ada banyak slot waktu libur yang bisa kamu manfaatkan bersama sahabat atau keluarga. Sudah waktunya kamu mengecek kembali list tiket-tiket promo dan menentukan tujuan wisata. Sangat penting untuk diperhatikan dalam merencanakan liburan adalah cuaca. Biasanya di akhir tahun ini sering turun hujan, sebaiknya jangan memilih tempat wisata terbuka, seperti pantai atau gunung.

Selain cuaca, hal yang harus diperhatikan lainnya adalah transportasi. Alat transportasi yang nyaman dan aman juga akan membuat liburanmu semakin menyenangkan. Apalagi kamu akan melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan umum, tentunya selalu ada risiko yang tidak bisa diprediksi selama perjalanan, bukan?

Misalnya saja jadwal keberangkatan tidak sesuai, kehilangan bagasi, atau tiba-tiba sakit dalam perjalanan, dan bahkan kecelakaan. Pastinya kamu tidak mau kan mengalami hal-hal tersebut? Apalagi itu terjadi saat dalam perjalanan liburan. Karena itu tidak ada salahnya kamu membeli asuransi perjalanan untuk persiapan liburan akhir tahun. Bagi yang belum paham tentang asuransi perjalanan, yuk simak pengertiannya berikut ini.

Apa itu asuransi perjalanan?

Menurut Wikitravel, asuransi perjalanan adalah asuransi jangka pendek yang tersedia khusus untuk keadaan darurat yang berhubungan dengan perjalanan dan biaya. Lebih jelasnya, asuransi perjalanan adalah jasa perlindungan jangka pendek yang hanya melindungi selama masa pertanggungan saja atau selama kamu berpergian. Asuransi ini menjamin risiko tidak terduga selama perjalanan yang pastinya dapat merugikan kamu dan meng-cover biaya kerugian berhubungan dengan perjalanan.

Meskipun dalam asuransi perjalanan menjamin hampir semua risiko (selama berpergian), namun pastinya ada ketentuan tersendiri yang diterapkan oleh pihak asuransi, seperti apa saja yang tidak di-cover dalam asuransi atau hal-hal berisiko klaim yang kamu ajukan ditolak. Semua hal yang tidak dijamin sudah tertera dalam polis. Jadi, kamu harus memahami hal apa saja yang tercantum dalam polis agar ketika mengajukan klaim tidak ditolak oleh pihak asuransi.

asuransi-perjalanan-akhir-tahun

Asuransi perjalanan juga banyak manfaatnya, apalagi jika kamu ingin berpergian ke luar negeri di akhir tahun ini. Secara spesifik, manfaat dari program perlindungan ini diantaranya:

1. Menanggung Risiko Kecelakaan

Apabila saat di perjalanan terjadi kecelakaan, pihak asuransi akan memberikan kompensasi berupa sejumlah uang sesuai dengan nilai pertanggungan dalam polis kepada ahli waris.

2. Penggantian Biaya Pengobatan

Ketika kamu sakit saat dalam perjalanan, pihak penjamin akan membayar biaya pengobatan yang diperlukan.

3. Pemulangan Jenazah

Poin ini memang agak sensitif, namun kamu juga perlu tahu bahwa asuransi perjalanan juga meng-cover biaya pemulangan jenazah apabila terjadi kecelakaan.

4. Evakuasi Medis

Biasanya beberapa perusahaan asuransi menyediakan layanan bantuan 24 jam di seluruh dunia.

5. Penggantian Kerusakan Bagasi

Jika kamu mengalami kerusakan atau kehilangan bagasi, tentunya hal ini sangat merepotkan terlebih apabila harus membeli lagi barang-barang yang kamu butuhkan selama liburan. Namun jangan khawatir! Pihak penjamin dapat mengganti biaya kerugian sesuai dengan nilai pertanggungan dalam polis.

6. Keterlambatan Bagasi

Beruntung bagi kamu yang mempunyai asuransi perjalanan. Masalah satu ini cukup umum terjadi dan kamu tidak perlu khawatir karena pihak penjamin akan mengurusnya untukmu.

7. Melindungi Dokumen Perjalanan

Apabila terjadi kehilangan dokumen seperti paspor, tiket atau dokumen lainnya, pihak asuransi akan menerbitkan kembali dokumen yang hilang tersebut.

8. Meng-Cover Kerugian Pihak Ketiga

Ketika dalam perjalanan terjadi kecelakaan dan juga ikut merugikan pihak ketiga (korban lain), kamu tidak perlu panik karena dari pihak perusahaan asuransi akan mengganti kerugian tersebut.

9. Mengganti Biaya Pembatalan Perjalanan

Jika mengikuti program asuransi perjalanan, semua kerugian akibat penundaan perjalanan akan diganti oleh pihak penanggung. Termasuk juga penggantian uang muka yang hangus.

10. Mengganti Biaya Kerugian Akibat Bencana Alam

Siapa sih yang mau saat liburan malah terjadi bencana? Tentunya hal ini sangat merugikan kamu baik secara fisik atau pun non-fisik. Karena bencana alam memang susah diprediksi, maka kamu perlu perlindungan yang dapat menjamin semua ini. Dengan asuransi perjalanan, segala bentuk kerugian akan ditanggungkan pada pihak asuransi, sehingga dapat lebih aman dan nyaman saat berpergian.

Sebelum melakukan perjalanan akhir tahun, pastikan semua hal sudah dipersiapkan dengan matang, dan jangan lupa membeli asuransi perjalanan agar terhindar dari segala bentuk kerugian. Have a nice holidays!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s