Tips Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik: Simak Dulu 6 Hal Ini!

memilih-asuransi-kendaraan-terbaik

Tips Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik- Hampir setiap keluarga di Indonesia memiliki kendaraan bermotor, baik itu mobil atau pun motor. Belum lagi ditambah dengan banyaknya transportasi umum dan truk-truk melintas di jalan, hal ini menjadikan jalanan di Indonesia semakin ramai dan semakin memperbesar risiko saat berkendara di jalanan.

Kendaraan adalah sebuah investasi besar yang kita miliki. Semakin ramai jalanan di Indonesia ternyata hal ini menimbulkan masalah tersendiri, diantaranya kejadian tidak diinginkan seperti kecelakaan yang mengakibatkan banyak kerugian materi dan jiwa atau kejadian-kejadian yang membuat mobil rusak akan menghilangkan salah satu investasi kita.

Agar aset investasimu aman dan terlindungi, kamu perlu memberikan perlindungan khusus yang dapat mengganti semua kerugian akibat kejadian tidak terduga. Lalu bagaimana cara tepat untuk melindungi kendaraan? Ya, dengan Asuransi Kendaraan tentunya!

Mungkin diantara kalian banyak yang bertanya “Kenapa harus asuransi kendaraan? Apa tidak ada cara lain?”, karena dengan mengasuransikan kendaraan adalah solusi terbaik dan kamu dapat memastikan kendaraan tetap aman saat terjadi kecelakaan, kerusakan atau bahkan kehilangan.

Sekarang sudah banyak perusahaan asuransi menyediakan produk asuransi kendaraan. Jika kamu sudah mantap untuk membeli asuransi, maka kamu sebagai calon konsumer perlu jeli dalam memilih produk asuransi kendaraan berkualitas.

Mari simak beberapa tips memilih asuransi kendaraan berikut ini:

1. Pertimbangkan Reabilitas Perusahaan

perusahaan-asuransi

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempertimbangkan reabilitas perusahaan. Pilihlah perusahaan yang memang sudah ahli dan terpercaya dalam bidang asuransi ini. Perusahaan yang dipilih harus memiliki reputasi baik dalam masalah klaim asuransi mobil sehingga kamu tidak akan kecewa dengan pelayanannya.

2. Cek Rasio Keluhan Pelanggan

Saat memilih sebuah perusahaan asuransi, jangan lupa untuk memperhatikan rasio pengaduannya. Biasanya nasabah lain dari perusahaan asuransi itu akan “me-riview” pelayanan dari perusahaan tersebut. Cek bagaimana perbandingan jumlah keluhan yang diterima, dengan keluhan yang diselesaikan oleh perusahaan. Jika rasio keluhan yang diterima lebih besar daripada keluhan yang di selesaikan maka perusahaan tersebut tidak bisa diandalkan.

3. Mintalah Rekomendasi Pihak Dealer

Jika kamu tidak dapat memutuskan perusahaan mana yang akan dipilih, sebaiknya mintalah rekomendasi dari pihak dealer di mana kamu membeli alat transportasi tersebut. Kunjungi dealer untuk meminta informasi tentang perusahaan asuransi yang bisa dipercaya.

4. Sesuaikan Polis Asuransi Kendaraan dengan Kebutuhan

Setelah kamu menentukan perusahaan mana yang akan dipilih, hal berikutnya adalah melihat dan mengetahui dengan jelas tentang kondisi kendaraan. Cek kondisi mesin, body, usia kendaraan dan berbagai hal lainnya yang dianggap perlu menjadi pertimbangan. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, kamu bisa dengan mudah memilih jenis asuransi kendaraan mana yang paling cocok bagi kendaraan kamu.

Ada 2 jenis asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Asuransi kendaraan All Risk (Comprehensive)

Asuransi ini akan menjamin hampir semua risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan kamu. Risiko tidak terduga seperti kecelakaan, kerusakan, atau kehilangan bisa di-cover di asuransi ini. Namun meski begitu, akan selalu ada pengecualian dalam polis asuransi tersebut yang harus kamu pahami.

  • Asuransi Total Loss Only (TLO)

Berbeda dengan asuransi kendaraan All risk, asuransi ini hanya menjamin kerusakan total pada kendaraan di atas 75% saja. Jadi, apabila mobil kamu hanya mengalami kerusakan kecil tidak akan di-cover dalam asuransi ini.

5. Pilih Produk Asuransi yang Paling Tepat

Jangan buru-buru mengambil keputusan, karena sangat penting bagi kamu untuk menemukan produk asuransi terbaik di Indonesia dan paling tepat. Teliti kembali informasi secara detil tentang produk tersebut, maka kamu bisa menentukan pilihan produk paling cocok untuk kendaraanmu.

6. Sesuaikan dengan Kemampuan Bayar

premi-asuransi-kendaraan

Setelah kamu menemukan produk perlindungan yang sesuai, pastikan tarif premi tidak akan membebanimu! Besaran premi akan mempengaruhi manfaat dan perlindungan yang akan kamu dapat nantinya. Semakin besar tarif premi, semakin banyak pula manfaatnya. Tapi jangan memaksakan diri untuk mengambil jumlah premi yang terbilang besar namun berada di luar jangkauan keuangan, ini akan membuat keuangan kamu terganggu dan dapat menimbulkan sejumlah masalah dalam pos pengeluaran.

Kini asuransi kendaraan bukan lagi hal sulit untuk ditemukan, hampir setiap perusahaan asuransi menyediakan produk ini. Bahkan program perlindungan kendaraan ini sangat dibutuhkan mengingat risiko kerusakan kendaraan semakin tinggi karena banyaknya pengguna jalan. Itulah beberapa tips asuransi kendaraan bermotor terbaik. Ayo proteksi kendaraanmu sekarang juga! Baca juga tips mendapatkan mobil pengganti saat klaim asuransi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s