Bisnis Online: 6 Tips Membangun Bisnis Tanpa Modal

Bisnis Online

Kamu seorang ibu rumah tangga? Atau mahasiswa? Atau bukan keduanya? Siapapun kamu baik laki-laki maupun perempuan bisa memulai bisnis online tanpa modal.

Mengapa harus bisnis online?

Karena dengan bisnis online jaringan pemasaran produk semakin luas dan tak terbatas, kamu bisa memasarkan produk di mana saja, baik lokal maupun internasional. Kamu bisa berjualan melalui komputer, laptop atau bahkan hanya dengan smartphone.

Pengguna internet di Indonesia semakin hari semakin bertambah, berdasarkan data dari Kominfo jumlah pengguna internet pada tahun 2014 sebanyak 82 juta orang, dan Indonesia merupakan peringkat ke-8 di Dunia. Jumlah ini akan terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini didorong oleh animo masyarakat yang mulai beralih menggunakan smartphone untuk mendukung aktifitas mereka sehari-hari.

Bukan hanya untuk jejaring sosial, internet juga digunakan dalam pekerjaan, memesan transportasi online, memesan makanan ataupun membeli produk online sesuai keinginan.

Mari kita simak beberapa peluang bisnis online tanpa modal besar berikut ini.

1. Menjual Produk Orang Lain (reseller/dropshipper/affiliate) Melalui Media Sosial

Dropshipping artinya kita berjualan tanpa memiliki stok.

dropship bisnis online

Sebagai seorang pemula, berjualan sebagai dropshipper merupakan cara yang paling baik. Karena dengan menjadi seorang dropshipper kamu bisa berjualan tanpa modal. Kamu tidak membutuhkan uang untuk sewa toko, serta tidak butuh modal untuk pengadaan produk.

Keuntungan menjadi dropshipper:

  1. Tidak butuh banyak modal
  2. Tidak butuh stok
  3. Bisa dilakukan di mana saja
  4. Tidak perlu khawatir barang rusak karena lama tersimpan/tidak laku
  5. Tidak perlu melakukan packing dan mengantar ke jasa pengiriman, karena barang dikirim langsung dari produsen

Kelemahan menjadi dropshipper:

  1. Margin keuntungan lebih kecil
  2. Tidak bisa memonitor stok
  3. Kualitas tidak terkontrol

Meskipun menjadi dropshipper terlihat mudah, namun tanggung jawab kualitas produk tetap ada ditanganmu. Oleh karena itu sebaiknya belilah contoh barangnya terlebih dahulu sebelum dijual, untuk memastikan kualitas dari produk yang akan dijual.

2. Menjual Barang di Market Place

Ketika kamu sudah merasa cukup menguasai berjualan di social media, kini waktunya mencoba menjual barang sendiri melalui market place, atau biasa disebut pasar online. Contoh market place di Indonesia adalah tokopedia, kaskus FJB, bukalapak, dan OLX.

Keuntungan bisnis online di market place adalah gratis, market place itu sudah ramai jadi bisa langsung dapat pembeli, tidak perlu menyewa hosting sendiri, tidak perlu merawat dan maintenance website. Selain itu kepercayaan masyarakat lebih tinggi ke market place melalui sistem rekening bersama.

Meskipun berbisnis online di market place terlihat mudah, namun terkadang ada fitur-fitur dalam market place yang tidak tersedia sesuai dengan keinginan. Kamu juga tidak bisa membangun brand secara efektif. Oleh karena itu untuk pemula kamu bisa berjualan sementara di market place, setelah produk dikenal barulah membuat toko online sendiri.

3. Bisnis Online di Website/Toko Online Sendiri

Dengan berbisnis online di website sendiri, brand produk kamu akan terlihat lebih profesional, dan bisa dengan mudah membuat fitur-fitur toko online sesuai dengan yang diinginkan. Bagi kamu yang tidak bisa membuat toko online sendiri, bisa menggunakan jasa pembuat website, atau menggunakan platform toko online yang sudah jadi. Kamu bisa menggunakan beberapa platform toko online berikut:

  • Shopify – mulai dari $14 per bulan, lebih mudah dan fitur lengkap
  • WebPraktis – mulai dari Rp 680 ribu per tahun
  • Jarvis Store – gratis untuk 20 produk!

4. Blogger

Blogging merupakan kegiatan menulis hal-hal yang kita sukai. Tapi siapa sangka dengan menulis blog kita bisa mendapatkan uang dalam jumlah yang banyak. Salah satunya dengan menjadi pengiklan melalui Google Adsense.

Detil prinsip kerjanya sebagai berikut:

Kamu membuat website > Registrasi ke Google Adsense > Registrasi diterima > menampilkan kode iklan > pengunjung melakukan klik di iklan > kamu mendapatkan komisi.

Hal yang perlu dilakukan adalah dengan fokus membuat content pada blog yang menarik dan bermanfaat, sehingga pengunjung/visitor akan naik.

Hati-hati untuk tidak melakukan cara-cara curang, seperti membeli trafik palsu atau mengklik iklan kamu sendiri, karena blog bisa berpotensi terkena banned oleh Google.

5. Freelance Writer

Menjadi penulis lepas merupakan profesi bisnis online yang cukup populer. Pasalnya tidak semua orang bisa menulis ataupun sempat mengurus content pada websitenya sendiri.

Untuk penulis pemula biasanya tarifnya adalah 15 ribu per 500 kata Bahasa Indonesia atau $1,5 untuk Bahasa Inggris. Untuk penulis tingkat lanjut tarifnya sebesar $75-$100 per artikel (500-1000 kata) yang ditulis dan dipublikasikan misalnya untuk website besar dan portal berita.

Berikut ini tempat untuk mendapatkan job penulisan artikel:

  • Sribulancer
  • UpWork (internasional)
  • TextBroker (internasional)

6. Youtuber

Keberadaan Youtube sudah mulai terkenal sejak tahun 2005, dan ini merupakan batu loncatan untuk selebriti baru. Bukan hanya untuk menjadi selebriti, Youtube juga merupakan bisnis online yang bagus untuk semua orang.

Penghasilan utama seorang Youtuber adalah melalui Google Adsense. Caranya buat akun di Youtube, unggah video-video menarik, seperti tutorial, video berita, dan video komedi. Tingkatkan jumlah pengunjung channel youtube-mu, setelah itu daftarkan diri pada Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan dari channel Youtube kamu.

Ada 2 jenis iklan di YouTube:

  • Yang mendapatkan komisi tiap klik
  • Yang mendapatkan komisi tiap kali tayang

Dari iklan ini, pihak YouTube mengambil 45% dan sisanya diberikan kepada pemilik video. Permasalah utama dari Youtube adalah hak cipta, oleh karena itu jangan sembarangan mengupload video orang lain, rekaman tv, musik, atau suatu hal yang mengandung sara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s