5 Peluang Bisnis Ini Menjanjikan di Tahun 2017

peluang bisnis 2017

Tidak dapat dipungkiri bahwa bekerja di sebuah perusahaan dengan jangka waktu yang lama akan membuat pekerjanya merasa suntuk dan jenuh karenanya. Belum lagi aktivitas dan pekerjaan yang dihadapi hanya ‘itu-itu saja’, bukan jenuh lagi, tanpa pikir panjang, orang akan memilih untuk resign dari perusahaan tersebut dan mencari pengalaman yang baru.

Akhirnya banyak orang yang beralih memiliki usaha atau bisnis sendiri, sayangnya kebanyakan diantara mereka masih bingung menentukan bisnis apa yang akan diambilnya dan harus mulai dari mana. Nah, dipenghujung tahun 2016 ini saatnya kamu menentukan ide bisnis apa yang nantinya akan mendatangkan keuntungan di tahun 2017 mendatang.

1. Bisnis Online

bisnis online

Seperti yang dijelaskan sebelumnya pada artikel 6 Usaha dan Bisnis Sampingan Tanpa Modal Ini Layak Dicoba!, bisnis ini hanya bermodalkan sambungan internet dan kamu yang siap ditanyai informasi-informasi terkait barang jualanmu kapan pun akan membawa keuntungan besar jika kamu pandai mengaturnya. Bisnis ini memang sudah lama berkecimpung di dunia internet marketing, namun siapa sangka bisnis yang satu ini memiliki peluang bisnis yang berprospek tinggi di sepanjang tahun 2016 dan tentu saja kemungkinan besar usaha ini akan kembali berprospek tinggi di tahun 2017 nanti, hal ini didukung dengan adanya perluasan jaringan internet pada daerah-daerah pelosok. Bisnis ini mempunyai cabang yang begitu beragam seperti: Internet marketer, online shope, dropshipper, Pay Per Click (PPC) iklan pada situs blog dan memanfaatkan kanal youtube untuk mengunggah video yang nantinya akan mendapatkan hasil dari iklan yang di tayangkan pada video kita.

2. Franchise (Waralaba)

bisnis franchise waralaba

Sebelumnya, sudah tahu kan Franchise itu apa? Franchise atau biasanya orang mengenal dengan sebutan waralaba, merupakan duplikasi bisnis yang telah sukses dan mempunyai brand yang sudah dikenal. Dengan demikian calon investor yang ingin membeli franchise tidak harus menjalankan bisnis dari nol. Bisnis ini memiliki prospek yang tinggi juga, lho di tahun 2017 karena sifatnya yang fleksibel sehingga dapat diterapkan dengan mudah.

Bisnis ini memiliki banyak peminat dan semakin banyak dilirik oleh kaum pebisnis, maka peluang kamu dapat keuntungan besar diiringi dengan peluang mendapatkan saingan juga besar. Tapi, tidak semudah kamu buka warung di pinggir jalan, ya. Tentunya setiap bisnis itu perlu pengamatan dan strategi, salah-salah bukannya keuntungan yang kamu raih justru malah “nggak-balik-modal” yang kamu dapatkan.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis ini? Nah, inilah beberapa hal yang penting untuk kamu perhatikan:

  • Tentukan Minat Kamu
    Kalau dipikir secara cepat, kamu pasti secara tiba-tiba dapat ide untuk membuka usaha ini dan itu. Tapi coba merenung sebentar (bukan untuk ber-galau-ria, ya) untuk memikirkan semakin dalam apakah kamu siap menghadapi risiko-risikonya, apakah kamu benar–benar kamu menguasai bidang ini baik dari segi pengetahuan juga target pasar serta rencana promosi dan pengelolaannya.
  • Persiapkan Modal Sesuai Franchise yang Dipilih
    Setelah menemukan ide, kamu harus mulai memikirkan modal untuk memulai usaha ini. Pikirkan dengan matang dan lakukan analisa, carilah informasi sebanyak-banyaknya untuk melengkapi analisa kamu agar hasilnya makin tepat, kamu boleh kok tanya-tanya pada orang yang sudah profesional.
  • Kenali Brand, Ketentuan Fee dan Sistem Franchise
    Setelah menemukan bisnis yang sesuai minat kamu, kamu mulai deh cari-cari partner. Kumpulkan data partner sebanyak-banyaknya agar kamu bisa melakukan komparasi atau perbandingan sampai akhirnya menemukan partner yang klik di hati kamu. (Partner ya bukan pacar)
  • Persiapkan Lokasi Usaha yang Strategis
    Sesuaikan dengan bisnis yang kamu ambil, pilihlah lokasi bisnis yang paling strategis dengan cara melakukan pengamatan pada beberapa lokasi yang nantinya akan kamu jadikan lokasi usaha kamu, jangan asal ada stan kosong, langsung aja di-embat. Semisal kamu jualan barang-barang elektronik yang lokasinya di pedalaman, kelangsungannya akan nggak bagus deh!
  • Fokus dan Semangat!
    Well, tidak ada gading yang tak retak ya, nggak akan ada bisnis tanpa rugi. Jadi jangan cepat menyerah hanya karena sekali mengalami kerugian. Percayalah bahwa apa yang kamu lakukan tidak akan sia-sia nantinya.

Sedikit informasi, biasanya waralaba yang menjanjikan itu adalah waralaba di bidang kuliner dan kemungkinan besar juga akan berprospek tinggi di tahun 2017 nanti. Jenis usaha waralaba kuliner ini biasanya menjual frozen food alias makanan olahan beku yang mana memiliki keuntungan dari sisi proses pemasaran yaitu dapat dilakukan secara online dan offline, jika kamu bisa menjalankan bisnis tersebut via online, keuntungan besar pun akan terbuka lebar.

3. Bisnis Food Truck

food truck

Nah, pasti kamu sudah tahu kan dengan konsep bisnis asal Amerika ini? Yap, bisnis makanan dengan menggunakan truck atau dikenal dengan food truck. Bisnis yang akan berprospek tinggi di tahun 2017 nanti ternyata sudah mulai digandrungi di Indonesia sejak akhir tahun 2013, sedangkan awal mula bisnis ini sudah dikenal sejak awal tahun 1990-an di Amerika dan kemudian bisnis dengan konsep truck ini pun berkembang sampai ke kawasan Asia, salah satunya negara kita, Indonesia.

Kalo kamu sering jajan di food truck tentunya pasti tahu makanan apa saja yang dijajakan. Biasanya food truck menjajakan aneka hidangan sajian asal Amerika seperti: hotdog, aneka camilan, makanan khas Tiongkok, dan Meksiko. Nah, untuk hidangan food truck di Indonesia sendiri agak berbeda dengan di Amerika yang tentunya lebih bervariasi, mulai dari aneka camilan dan minuman, seperti hotdog, burger, nachos, burrito, yogurt, sampai hidangan berat khas Tanah Air seperti nasi ayam, satai, atau nasi bebek.

Nah, Jika kamu ingin memulai bisnis ini perhatikanlah beberapa poin di bawah ini:

  • Siapkan permodalan
  • Masalah periijinan
  • Pilihan menu makanan
  • Memilih lokasi
  • Kebersihan
  • Rajin promosi

Perlu diperhatikan, ketika kamu ingin memulai bisnis ini buatlah konsep truck yang menarik dan kekinian. Jika tidak memiliki modal sendiri, alangkah baiknya kamu join modal dan memulai usaha food truck bersama dengan teman.

4. Bisnis Makanan Sehat & Diet

makanan sehat dan diet

Siapa sih yang tak mau badannya merasa sehat? Apalagi di tengah zaman modern seperti sekarang ini, yang segala sesuatunya dilakukan serba instan. Dan tentunya hal itu dapat membuat kamu terserang bebagai macam penyakit, terutama kalian yang hidup di tengah perkotaan. Tak hanya faktor lingkungan hidup saja yang membuatmu seperti itu, makanan yang dikonsumsi dapat juga lho menimbulkan penyakit.

Untuk memenuhi dan mengimbangi itu semua banyak orang mulai memikirkan alternatif makanan sehat atau makanan diet. Nah, apabila kamu memiliki kemampuan memasak, peluang usaha makanan sehat ini menjadi ladang bisnis yang sangat menarik untuk dilirik.

5. Bisnis Properti

bisnis properti

Bisnis level kelas atas ini tak ada salahnya untuk dicoba. Di tahun 2014, bisnis properti masih sangat potensial dengan prospek yang sangat cerah dan bakal melesat ditahun 2017. Menurut Direktur PSPI menerangkan bahwa peluang bisnis ini akan semakin meningkat sekitar 12 – 15 %.

Hal ini dikarenakan oleh adanya pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat dan kredit pinjaman yang semakin menggiurkan. Salah satu faktor yang yang membuat bisnis ini berpeluang besar mendatangkan untung adalah harga tanah, karena harga tanah sudah pasti setiap tahunnya akan mengalami kenaikan dan tidak pernah turun. Namun, seperti yang sudah disampaikan di atas, bisnis ini merupakan bisnis kelas atas atau bisa dibilang bisnis yang membutuhkan modal yang lumayan besar. Jika kamu ingin terjun ke dalam bisnis ini, ada baiknya belajar dahulu tentang peluang usaha ini agar tidak salah dalam melangkah sehingga mengalami kerugian yang sangat besar.

Nah, itulah peluang bisnis yang bakal mengalami prospek tinggi di tahun 2017, yuk tentukan dari sekarang dan jangan sampai salah pilih ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s