Ranking Asuransi Terbaik di Indonesia Kategori Perusahaan Asuransi Umum

asuransi terbaik di indonesia
asuransi terbaik di indonesia

Daftar asuransi terbaik Indonesia adalah daftar beberapa perusahaan asuransi yang layak untuk diketahui. Pasalnya di era serba cepat seperti sekarang ini mobilitas seseorang semakin cepat. Kebutuhan akan informasi yang akurat juga sangat mudah untuk didapatkan, salah satunya melalui media digital.

Berdasarkan hasil riset dari warta ekonomi predikat asuransi terbaik di Indonesia diraih oleh 8 perusahaan asuransi nasional. Terdiri dari 3 asuransi umum, 3 asuransi jiwa, 1 reasuransi, serta satu penghargaan khusus untuk asuransi yang dinilai paling siap mengembangkan pasar dan layanan digital.

Secara umum, perkembangan industri asuransi di Indonesia mengalami pertumbuhan di tahun 2016. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada triwulan  I 2016, aset industri Asuransi dan BPJS mengalami pertumbuhan sebesar 4,8% menjadi Rp842,3 triliun. Hal ini disebabkan oleh kenaikan nilai investasi karena iklim pasar modal yang membaik dan cenderung kondusif.

Jumlah investasi asuransi mengalami kenaikan sebesar 6,6% menjadi Rp683,6 triliun. Dari sisi kinerja asuransi, premi bruto asuransi dan klaim bruto mengalami peningkatan secara yoy masing-masing sebesar 28,9% dan 8,5% menjadi Rp73,5 triliun dan Rp45,6 triliun. Komposisi premi bruto didominasi Asuransi Jiwa sebesar 37,3%, diikuti oleh BPJS sebesar 34,0%, Asuransi Umum dan Reasuransi sebesar 24,7%, dan Asuransi Wajib sebesar 4,0%.

Perusahaan asuransi terbaik di Indonesia adalah perusahaan yang mampu mengakomodir dan melayani seluruh nasabahnya.  Menurut Ketua Dewan Juri Herris Simandjuntak, tema pemeringkatan asuransi tahun ini adalah “Industri Asuransi pada Era Digital”. Dengan adanya tema ini diharapkan industri Asuransi bisa lebih inovatif dalam memberikan layanan bagi para nasabahnya.

Dalam melakukan penilaian penghargaan ranking Asuransi Terbaik di Indonesia 2016, Warta Ekonomi melakukan dua pendekatan yaitu desk research dan hasil survey kuantitatif. Untuk pendekatan desk research, perusahaan asuransi dibedakan menjadi tiga kategori yaitu perusahaan asuransi umum, jiwa dan reasuransi. Kemudian Perusahaan umum dan jiwa dikelompokkan berdasarkan pendekatan jumlah aset yang dimiliki.

Pemeringkatan ranking Asuransi Terbaik di Indonesia menggunakan 14 kriteria, baik untuk asuransi umum, asuransi jiwa, maupun reasuransi. Kriteria untuk asuransi umum meliputi, pertumbuhan aset rata-rata 2011–2015, pertumbuhan jumlah investasi rata-rata 2011-2015, pertumbuhan ekuitas rata-rata 2011-2015, pertumbuhan premi penutupan langsung 2011-2015, pertumbuhan premi neto rata-rata 2011-2015, pertumbuhan hasil underwriting rata-rata 2011-2015, pertumbuhan hasil investasi rata-rata 2011-2015, pertumbuhan laba bersih rata-rata 2011-2015, pangsa pasar premi neto tahun 2016, rasio underwriting terhadap premi neto 2016, TATO (Total Aset Turn Over) 2016, ROA (return on assets) 2016, ROE (return on equity) 2016, dan RBC (risk based capital) 2016.

Penerima Penghargaan Berdasarkan Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Umum Terbaik 2016 Kategori Perusahaan Asset Kurang Dari Rp.1 Triliun

Aset lebih dari Rp 600 Miliar – Rp 900 Miliar

  1. Fairfax Indonesia Insurance
  2. Asuransi Asoka Mas
  3. Asuransi Umum BCA

Aset lebih dari Rp 400 Miliar – Rp 600 Miliar

  1. Asuransi Sarana Lindung Upaya
  2. Asuransi Mitra Pelindung Mustika
  3. China Taiping Insurance Indonesia

Aset lebih dari Rp 300 Miliar – Rp 400 Miliar

  1. Asuransi Cakrawala Proteksi
  2. Arthagraha General Insurance
  3. Asuransi Jasa Tania Tbk

Aset lebih dari Rp 200 Miliar – Rp 300 Miliar

  1. Asuransi Artarindo
  2. Asuransi Bosowa Asuransi
  3. Victoria Insurance

Aset < Rp 200 Miliar

  1. Avrist General Insurance
  2. Malacca Trust Wuwungan Insurance
  3. Asuransi Bhakti Bhayangkara

Penilaian ranking Asuransi Terbaik di Indonesia dilakukan melalui pendekatan analisa laporan keuangan, Warta Ekonomi tidak memasukkan perusahaan asuransi yang tidak mengeluarkan laporan keuangan, serta perusahaan asuransi yang sedang dalam pembekuan kegiatan usaha dan perusahaan asuransi yang dicabut ijin usahanya.

Selain penghargaan berdasarkan pendekatan laporan keuangan 2014-2015, Warta Ekonomi juga melakukan riset kuantitatif dengan metode face-to-face interview dengan menggunakan kuesioner terhadap 1.800 responden yang merupakan nasabah pemegang polis dari berbagai perusahaan asuransi yang sudah memiliki polis selama minimal 3 tahun.

Sumber: Warta Ekonomi dan Otoritas Jasa Keuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s